Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII
Abstract
The purpose of this research is to find out the positive influence of Direct Instruction Learning Model on students' cognitive learning outcomes in Integrated Social Science Subject. This research applied True Experimental Design method. The data analysis technique in this research was carried out with quantitative data analysis technique by using t-test. Based on the data analysis of t-test, it showed that the hypothesis test of t-calculation = 11.45 > ttable = 2.39, so H0 was rejected and H1 was accepted. The results of quantitative data analysis concluded that Direct Instruction Learning Model has a positive influence on students' cognitive learning outcomes in Integrated Social Science Subjects.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil thitung =11,45 > ttabel = 2,39, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data Model Pembelajaran Direct Instruction berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran direct instruction, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Ali, Nurohman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2000. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depaertemen Pendidikan Nasional. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Iif Khoiru Ahmadi dan Sofian Amir. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Latipun. 2002. Psikologi Eksperimen. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.