Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS
Abstract
The purpose of the study is to determine whether there is influence of learning model Mind Mapping on the motivation to learn the history of class XI IPS students in SMAN 2 Gedongtataan Lesson Year 2017/2018. This research uses True Experimental Design method with Posttest-only Control Design research design. Data analysis technique in this research is quantitative data analysis technique by using Lilifours test. Based on data analysis conducted using Lilifours test obtained the result of hypothesis test that thitung = 2,649> ttable = 2.020, so H0 rejected and H1 accepted. Results of quantitative data analysis Mind Mapping Learning Model has a significant influence on the motivation to learn the history of class XI IPS students in SMAN 2 Gedongtataan Lesson Year 2017/2018.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi belajar sejarah siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-only Control Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji Lilifours. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji Lilifours diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung = 2,649> ttabel = 2,020, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif Model Pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar sejarah siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: model pembelajaran mind mapping, motivasi belajar, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Buzan, Toni. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah. Mada University Press.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.