Pelaksanaan Pembelajaran di SMALB-C Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
The purpose of this study is 1) To know the type of mental disability. 2) To know how the implementation of learning. 3) To know the supporting and inhibiting learning factor. The method used in this research is a qualitative research. Type of research is descriptive research.. According of the research, the result of this research shows that 1) There is two type of mental disability. 2) The delivery of material the material at class should be clear and concise. 3) The supporting factor is there is facilities and adequate infrastructure. The inhibiting factor is limited classroom.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui jenis-jenis Tunagrahita. 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Metode penerlitian adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat dua Kategori tunagrahita. 2)Penyampaian materi harus lebih singkat dan jelas. 3) Faktor pendukung pembelajaran adalah terdapat sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu ruang kelas yang terbatas.
Kata kunci: pembelajaran, smalb-c, tunagrahita
Full Text:
PDFReferences
Apriyanto, Nunung, 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedural Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Delphie Bandi, Drs, 2001. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus.Bandung: Refika Aditama
E, Kosasih, 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, Bandung: Yrama Widya
Fuad Ihsan, H. A, 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rineka Cipta
Koentjaraningrat, 1997. Metode Penelitian Manusia. Jakarta: Gramedia
Miles, Mathew G. dan Michael Huberman, 1992. Metodologi Penelitan Kualitatif. Malang: Wineka Media
Moleong, Lexi J, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya
Poerwandari, 2005. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Prilaku Manusia. Depok: LPSP3 UI
Santoso Hargio, 2012. Cara Memahami Dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta Gosyen Publishing
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwignyo, Sugiarti, 2002. Avertebrata Air. Jakarta: Swadaya
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa, 2013. Belajar Dan Pembelajaran (Pengembangan Wacan dan Praktik Pembelajaran dalam pembangunan Nasional), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Refbacks
- There are currently no refbacks.