Pelaksanaan Pembelajaran di SMALB-C Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017

Khairul Afandi, Maskun Maskun, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this study is 1) To know the type of mental disability. 2) To know how the implementation of learning. 3) To know the supporting and inhibiting learning  factor. The method used in this research is a qualitative research. Type of research is descriptive research.. According of the research, the result of this research shows that 1) There is two type of mental disability. 2) The delivery of  material the material at class should be clear and concise. 3) The supporting factor is there is facilities and adequate infrastructure. The inhibiting factor is limited classroom.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui jenis-jenis Tunagrahita. 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Metode penerlitian adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat dua Kategori tunagrahita. 2)Penyampaian materi harus lebih singkat dan jelas. 3) Faktor pendukung pembelajaran adalah terdapat sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu ruang kelas yang terbatas.

Kata kunci: pembelajaran, smalb-c, tunagrahita


Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Nunung, 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedural Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Delphie Bandi, Drs, 2001. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus.Bandung: Refika Aditama

E, Kosasih, 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, Bandung: Yrama Widya

Fuad Ihsan, H. A, 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rineka Cipta

Koentjaraningrat, 1997. Metode Penelitian Manusia. Jakarta: Gramedia

Miles, Mathew G. dan Michael Huberman, 1992. Metodologi Penelitan Kualitatif. Malang: Wineka Media

Moleong, Lexi J, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya

Poerwandari, 2005. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Prilaku Manusia. Depok: LPSP3 UI

Santoso Hargio, 2012. Cara Memahami Dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta Gosyen Publishing

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwignyo, Sugiarti, 2002. Avertebrata Air. Jakarta: Swadaya

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa, 2013. Belajar Dan Pembelajaran (Pengembangan Wacan dan Praktik Pembelajaran dalam pembangunan Nasional), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.