Pengaruh Aktivitas Berbicara Terhadap Hasil Belajar Kognitif
Abstract
Education has an important role in the progress and development of a nation. The formulation of problem in this research is whether there is influence of speech activity to student cognitive learning result. The data analysis technique in this research is quantitative data analysis with Koefisien Korelasi Jaspens (M). The results showed that there is influence of speech activity on students' cognitive learning result, this can be seen from the analysis of Koefisien Korelasi Jaspens (M) obtained by researcher that is r = 0,7299> r0,05; 23 = 0,4227.
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kemajuan dan perkembangan suatu bangsa. Tujuan dalam penelitian ini ialah apakah ada pengaruh yang aktivitas berbicara terhadap hasil belajar kognitif siswa Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dengan rumus Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspens (M). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas berbicara terhadap hasil belajar kognitif siswa, ini dapat dilihat dari hasil analisis Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspens (M) yang diperoleh peneliti yaitu r= 0,7299 > r0,05;23= 0,4227.
Kata kunci: aktivitas berbicara, hasil belajar kognitif, metode belajar diskusi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamara, Syaiful Bahri dan Asswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.