Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Terusan Nunyai
Abstract
This research was conducted in Junior High School (JHS) 1 Terusan Nunyai with the purpose to find out the effect of Scouting Activity on students' discipline with saturated samples as many as 129 students taken from population of grade VIII students. The data collection technique was carried out through observation, documentation, and library research. This research used descriptive survey research method. The data were processed using percentage formula. The results showed that the effecf of Scouting Activities on students' discipline was categorized in the highest discipline increase that was 67.44%.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Terusan Nunyai dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Pramuka terhadap kedisiplinan siswa dengan sampel penelitian sampling jenuh yaitu 129 siswa dari kelas VIII sebagai populasi. Teknik pegumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan perpustakaan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei deskriptif. Data diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Kegiatan Pramuka terhadap kedisiplinan siswa berada pada kategori peningkatan kedisiplinan tertingi yaitu meningkat 67.44%.
Kata kunci: kedisiplinan, kegiatan pramuka, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Agus Widodo HS. 2003. Ramuan Lengkap Bagi Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak Dan Pembina Pramuka. Yokyakarta: Kwartir Daerah XII DIY.
Anas Sujiono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo.
Azwar, Azrul. 2015. Buku Pintar Pramuka. Jakarta: Bee Media Pustaka.
Azwar, Azrul. 2013. Aktivitas Pramuka. Jakarta: Erlangga. Lord Baden Powel Of Gillwell dalam Azwar Azrul. 2008. Aids To Scoutmastership Panduan Untuk Pembina Pramuka Penggalang. Jakarta: Pustaka Tunas Media.
Darji, Darmodiharjo. 1984. Disiplin sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Khalsa, Sirnam S.2008. Pengajaran & Disiplin Harga Diri. PT. Indeks
Santosa Az Lukman dan Zakiyah Nita, 2011. Buku Pintar Pramuka. Yokyakarta: Interpree Book.
Sofyan S. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Badung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zuria Nurul. 2007. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Laks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.