Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
The problem of this research is "What is the use of peer tutoring learning model effectively to improve student interest. The purpose of this study was to determine the "effective use of the learning model that is equal to 64.3% against an increase in interest in the amount of 89.28% by using a formula percentage of the result is 89.28% of the effectiveness of the use of Peer tutoring learning model to increase student interest. on the subjects of history IPS1 class XII students of SMAN 17 Bandar Lampung academic year 2016/2017.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model pembelajaran tutor sebaya efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran yaitu sebesar 64,3% terhadap peningkatan minat yaitu sebesar 89,28% dengan menggunakan rumus presentase didapat hasil yaitu 89,28% dari efektivitas penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. pada Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata kunci: minat, model pembelajaran, tutor sebaya
Full Text:
PDFReferences
Agung Leo S. & Wahyuni, Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo 2013. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Mohammad. 1992. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baumfield, Vivienne. 2009. Action Research di Ruang Kelas. Jakarta: Indeks.
Djamarah, Syaiful & Zain Aswan. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iru, La dan La Ode. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sagala, Syaiful 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : Rajawali Press
Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inivatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.