Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah

Ambika Luhitadati, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study is to determine whether or not there is a significant correlation between achievement motivation with students' learning results on History Subject. The data collection technique in this study was carried out by means of quantitative with descriptive survey method of Jaspen's correlation formula. The results showed a significant standard level or 95% confidence of the data truth which meant there was a significant correlation between Achievement Motivation with Students' Learning Results.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei deskritif dengan rumus korelasi Jaspens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh tingkat standar signifikan atau kepercayaan 95% dari kebenaran data yang berarti ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa.

Kata kunci: hubungan, motivasi berprestasi, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gaguk Margono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamzah B Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Heckhaussen, Jutta. 2008. Motivation and Action. Cambridge University Press.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.