Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa

Wahyu Nur Hidayat, Muhammad Basri, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study is to find out the influence of group discussion towards students learning motivation in History subject. The population of this study was 131 students with 88 students were taken as the sample. This study used quantitative data analysis with tetha correlation test. Based on the result of the analysis using theta correlation test, the value was 0.71; and after being correlated with the coefficient table, it was categorized as significant. Thus, the influence of group discussion towards students' learning motivation in History subject was significant.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 131 dan diambil sampel sebanyak 88 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Theta. Berdasarkan hasil hitung menggunakan uji korelasi theta didapat nilai sebesar 0,71 dan setelah dikaitkan dengan tabel koefisien korelasi, dapat di kategorikan tinggi atau kuat, jadi pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa adalah tinggi atau kuat.

Kata Kunci: metode diskusi kelompok, motivasi belajar, pengaruh


Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

B .Uno, Hamzah. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

B. Uno, Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Misbahudin, Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumiati, dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.