Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Minat Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Abstract
The research was conducted in SMPN 16 Bandar Lampung with aim to The purpose of this study is to determine the Effect of Think Pair Share on the student interest with samples were twenty seven student ass eksperimental class and twenty seven student ass controll class use random technique from VII class population. Think Pair Share method. used is experimental class,and controll class used konvensional method with Posttest-Only Control Group Design design The data that has been collected is then processed manually using the Theta formula. And chis quare formula.The result shows that there is an effect with a theta correlation was 0,46 which fall into the category of significant or moderate and significance of the chi square value obtained at 10,14 .
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 16 Bandar Lampung dengan Tujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share terhadap minat siswa dengan sampel 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol yang secara acak terpilih dari semua kelas VII sebagai populasi. Model Think Pair Share diterapkan di kelas eksperimen, untuk kelas kontrol memakai model konvensional dengan desain Posttest-Only Control Group Design.Data diolah dengan rumus Theta dan Kai Kuadrat.Hasil menunjukan ada pengaruh dengan nilai korelasi Theta 0,46 yang termasuk cukup dan nilai signifikan Kai Kuadrat adalah 10,14
Kata kunci: minat siswa,pelajaran IPS, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsmi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Dalyono, 2012: 56.
Djamrah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta La Iru dan La Ode, 2012:1.
Fattah, Nanang. 2012. Analisis Kenijakan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hasan, Misbahuddin Iqbal. 2013. Jakarta: Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.
Sugiyono. 2009 Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. 2009.Menjelajah Pembelajaran Inovatif.Jawa Timur:Massmedia Buana Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar MengajarYang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.