Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK
Abstract
This study aims to determine the positive influence the utilization of learning, motivation towards learning achievement history and utilization of learning at school and learning motivation on learning achievement history of class X SMK N 1 Gedong Tataan. Population in this research were 51 people, the total of sample same with the population. This research uses descriptive research design descriptive verification with ex post facto method and survey. The results of this study show the positive influence the utilization of learning at school and learning motivation on learning achievement history of class X SMK N 1 Gedong Tataan at 0.475.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar, motivasi terhadap prestasi belajar sejarah dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Kelas X SMK N 1 Gedong Tataan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 orang, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif. dengan metode ex post facto dan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Kelas X SMK N 1 Gedong Tataan sebesar 0,475.
Kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, sarana belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2007. Menejemen. Penelitian. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Badudu J.S . 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Dimiyati dan Mujiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Idris, Jamaluddin. 2005. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh: Taufiqiah Saadah.
Nana, Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Nazir, M. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Oemar, Hamalik. 2003. Perencanaan Pengejaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sardiman, A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudarmanto, R.Gunawan. 2005. Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana. 2005. Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuntitiatif Kualitatif & RND. Bandung: CV Alfa Beta.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.