Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa
Abstract
This research was conducted in SMA Negeri 1 Gunungsindur Bogor Regency with the aim to determine effect of Make a Match learning model towards student History learning motivation with samples were X.1 IPS class as experiment class and X.2 IPS class as control class from X IPS class as population. Research methodology used in this research was experiment with the Posttest Only Control Group design. Data was processed using the formula Theta correlation test and Chi Square test. The result showed that there was a positive and significant effect with a Theta correlation was 0.4135 which fall into the category of significant or moderate and significance of the Chi Square value obtained at 14.267.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap motivasi belajar Sejarah siswa dengan sampel yaitu kelas X.1 IPS sebagai kelas ekperimen dan kelas X.2 IPS sebagai kelas kontrol dari kelas X IPS sebagai populasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Data diolah menggunakan rumus korelasi Theta dan Kai Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai korelasi Theta sebesar 0,4135 yang termasuk ke dalam kategori cukup berarti atau sedang dan nilai signifikansi Kai Kuadrat yang diperoleh sebesar 14,267.
Kata kunci: make a match, motivasi belajar, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soentoro, Ali Idris. 2015. Cara Mudah Belajar Metodologi Penelitian dengan Aplikasi Statistika. Depok: PT. Taramedia Bakti Persada.
Sutikno, M. Sobry. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.