Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah

Rofik Hidayat, Yustina Sri Ekwandari, Iskandar Syah

Abstract


The purpose of this research was to determine whether or not the influence of Inquiry Learning Strategy to increase student learning motivation on History of Social Subject Class X / AP SMK PGRI 1 Punggur Academic Year 2016/2017. This research used Inquiry Learning Strategy. Data collection techniques such as observation, documentation, literature and test a questionnaire, which was previously held in the form of instrument test the validity of the test and reliability test. Based on data analysis count r ? table r 0.760 ? 0.497 that went into strong criteria. Therefore it could be concluded that the application of Inquiry Learning Strategy was influential to increase Student learning motivation on History of Social Subject.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan motivasi belajar IPS Sejarah siswa Kelas X/AP SMK PGRI 1 Punggur Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry.Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, kepustakaan dan tes angket, yang sebelumnya diadakan uji instrument berupa validitas tes dan realibilitas tes. Berdasarkan analisis data rhitung?rtabelyaitu0,760? 0,497yang masuk ke dalam kriteria kuat.Oleh karena itu dapat simpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Inquiryberpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar IPSSejarah bagisiswa.

Kata kunci: inquiry,motivasi,pengaruh, siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang-Depdiknas.

Hamalik, Oemar., (2004), Proses Belajar Mengajar. Jakarta., Bandung: Bumi Aksara.

Handoko, Martin, 1992. Motivasi: Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.

Marintis, Yamin.2013. Model, Metode, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina., (2008), Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belaja Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi. 2001. Metodologi Research untuk Penulisan Paper, Skripsi,Thesis dan Disertasi, Jilid Tiga. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.