Pemanfaatan Ruang Perpustakaan Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Sejarah

Aryan Sugara, Ali Imron, Syaiful Syaiful

Abstract


The purpose of this research was to know how the utilization of library room on Problem Based Learning and its effect in Interest in Learning History class XI IPS in SMA Negeri 1 Sungkai Selatan North Lampung District 2015/2016 Academic Year. This research used experiment method with the type of the One-group pretest-posttest design. Based on quantitative data analysis using the correlation coefficient theta with the value of 0.608 could be concluded that there was effect of the utilization of library room on Problem Based Learning towards the Interest in Learning History.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan ruang perpustakaan dalam pembelajaran berbasis masalah dan pengaruhnya terhadap minat belajar pada pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One-group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan perhitungan koefesien korelasi theta dengan nilai 0,608 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ruang perpustakaan dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar sejarah.

Kata kunci: minat belajar, pembelajaran berbasis masalah, ruang perpustakaan


Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Ikbal.2013. Analisis data Penelitian Dengan Data Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbulloh. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soeatminah. 2000. Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Soejono, Trimo. 2001. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remadja Karya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaifull Bahri Djamara dan Asswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.