Hubungan Minat Membaca Buku Sejarah Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah

Cici Mei Lani, Ali Imron, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is a positive correlation and to correlation investigate between interest in reading the history books with the results of student learning in the lessons of history. Data collection techniques in this research is quantitative descriptive survey method with Product Moment Correlation formula. The results showed that r = 0.996, which means there is a positive correlation between with result student learning on the subject history and correlation coefficient is very strong.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif serta keeratan hubugan antara minat membaca buku sejarah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei deskritif dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r = 0,996 yang berarti ada hubungan positif antara minat membaca dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah dengan koefisien korelasi hubungam yang sangat kuat.

Kata Kunci: hasil belajar, hubungan, minat membaca

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jarakta: Rineka Cipta.

Hamali k, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono.2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Olivia, Femi.2014. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Riduwan.2004. Metode Dan Teknis Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Slameto.2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatis Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutaji, Tri. 2010. Pengaruh Minat Membaca Buku Sosiologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 8 Kota Tanggerang Selatan (Skripsi). Jakarta.

Sutarno NS. 2006. Gemar Membaca. Jakarta: Jala Permata.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Triyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak Api.

Winarno, Surakhmad. 1989. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode Dan Teknik. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.