Hubungan Minat Membaca Buku Sejarah Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif serta keeratan hubugan antara minat membaca buku sejarah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei deskritif dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r = 0,996 yang berarti ada hubungan positif antara minat membaca dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah dengan koefisien korelasi hubungam yang sangat kuat.
Kata Kunci: hasil belajar, hubungan, minat membacaFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jarakta: Rineka Cipta.
Hamali k, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono.2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Olivia, Femi.2014. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Riduwan.2004. Metode Dan Teknis Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Slameto.2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatis Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutaji, Tri. 2010. Pengaruh Minat Membaca Buku Sosiologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 8 Kota Tanggerang Selatan (Skripsi). Jakarta.
Sutarno NS. 2006. Gemar Membaca. Jakarta: Jala Permata.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Triyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak Api.
Winarno, Surakhmad. 1989. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode Dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.