Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Suhanda Suhanda, Ali Imron, Syaiful M

Abstract


The purpose of this study is to determine "whether there is a significant influence of positive verbal reinforcement in the learning process towards students' learning motivation on Social Science subject grade VIII Junior High School 2 Anak Tuha Central Lampung academic year of 2015/2016". This research used quantitative data collection method with normality test and data analysis test using theta test and kai square test. Based on the results of the calculations, the theta test equal to 0.40625 which means it is quite influential while the kai square test was 11.85 which means there is a significant influence.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian penguatan verbal positif dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Anak Tuha Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dengan dilakukan uji normalitas dan uji analisis data menggunakan uji theta dan uji kai kuadrat. Berdasarkan hasil hitung menggunakan uji theta sebesar 0,40625 yang berarti cukup berpengaruh dan uji kai kuadrat sebesar 11,85 yang berarti adanya pengaruh yang signifikan.

Kata kunci: motivasi belajar, pemberian penguatan, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan dan Moeldjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Rineka Cipta.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikam. Jakarta : Rineka Cipta.

Misbahuddin dan Iqbal Hassan. 2013. Analisis data Penelitian dengan Statistik: Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.

Sudaryono. 2012. Dasar- Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pedidikan. Bandung : Alfabeta.

Surakhmad,Winarno. 1980. Metodologi Pengajran Nasional. Bandung : Jemmars.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.