Pengaruh Penataan Formasi Tempat Duduk U Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah
Abstract
The purpose of this research is to determine a significant influence formation of the "U" seating arrangement to increase students motivation in learn history study subject of class X in SMAN 3 Kotabumi IIS 3 North Lampung, Academic Year 2015/2016. The data were analyzed by using chi-square test and theta. These results indicated that there is a positive influence to the value of the correlation coefficient of 0.5605 which has a significant meaning to the interpretation or more frequent of U formation seating, then the student's motivation to learn history study subject will get better and significant values obtained amounted to 20, 98 so that it can be interpreted formation seat U trustworthy and accountable to improve students motivation in learn history study subject.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penataan formasi tempat duduk U terhadap peningkatan motivasi belajar Sejarah siswa kelasX IIS 3 SMAN 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2015/2016.Teknik analisis data menggunakan uji theta dan kai kuadrat.Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,5605yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dengan interpretasi semakin sering formasi tempat duduk U digunakan, maka motivasi belajar Sejarah siswa akan semakin baik dan nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 20,98 sehingga dapat diartikan formasi tempat duduk U dapat dipercaya dan dihandalkan untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah siswa.
Kata kunci: formasi, motivasi, penataan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Kusnandar. 2007. Guru Profesional :Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Margono S. 2010.Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Misbahuddin dan Iqbal Hasan.2013. Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. 2004. Metodedan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sudaryono. 2012. Dasar Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2012 .Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Udin S. Winataputra, M. 2005. Proses Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta: Bina Karya.
Uno, B. Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.