Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa

Ulan Fitriani, Iskandar Syah, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study is to find out "whether there is an improvement or no improvement on cognitive learning outcome in History subject for students of class XI Social Sciences 3 at Senior High School Al-Azhar 3 academic year of 2016/2017 after taught using Reciprocal Teaching model". The method used in this research was experimental research method with The One-Shot Case Study design. The data collection was done through testings. The data was calculated manually using the percentage formula. The results of the data analysis showed that there was an improvement in students' learning outcome after taught using Reciprocal Teaching model.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Ada atau tidak ada peningkatan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah menggunakan model Reciprocal Teaching. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain The One-Shot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengan test. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sejarah siswa setelah menggunakan model Reciprocal Teaching.

Kata kunci: hasil belajar, penerapan, reciprocal teaching


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1996. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aziz wahab, Abdul. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta.

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Djamarah. 2000. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Karya.

Mahfudz, Asep. 2012. Cara Cerdas Mendidik yang Menyenangkan. Bandung: Rekatama Media.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Porfesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Soeyono Basrowi. 2007. Metode Analisis Data Sosial. Kediri: CV Jenggala Pustaka Utama.

Sudaryono, Margono, G., Rahayu, W. 2011. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Delta Buku.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Syaiful Sagala. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.