Perbandingan Hasil Belajar Siswa di Asrama dan Siswa di Rumah Orang Tua
Abstract
This research was conducted in SMA Al-Kautsar Bandar Lampung with the aim to determine whether or not the differences of students learning outcome between students in dormitories and students at home on the subjects of history. The methodology used in this study was comparative research methods, comparative independent type with causal comparative design. The data collection was done with documentation and observation. The collected data processed by using different test non-parametric Mann-Whittney using SPSS 21. The result of data analysis showed that there were differences in Students learning outcome between students in dormitories and students at home on the history subject.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar antara siswa di asrama dengan siswa di rumah orang tua pada mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian komparatif tipe komparatif independen dengan desain kausal komparatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan observasi. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan uji beda non parametrik Mann-Whittney dengan bantuan software SPSS 21. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa di asrama dengan siswa di rumah orang tua pada Mata Pelajaran Sejarah.
Kata kunci : asrama, hasil belajar, perbandingan, rumah
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan 6 Nasional Abad XXI. (isi-dsp.ac.id, di akses 7 Januari 2016, 08.30 WIB). 59 hlm.
Caswa. 2013. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Berasrama Dengan Siswa Non Asrama Di SMP Kharisma Bangsa Tanggerang Selatan Dalam
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (skripsi).(repository.uinjkt.ac.id, diakses 8 Januari 2016, 21.00 WIB) 123 hlm.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahlan, Sopiyudin M. 2014. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan Deskriptif, Bivariat Multivariat Dilengkapi Dengan Menggunakan SPSS Edisi 5 Seri Evidence Based Medicine 1. Jakarta: Salemba Medika.
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Disertasi, Jilid Tiga. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Harjono, Muhammad Adhiwardana. 2009. Perbedaan Prestasi belajar ditinjau dari Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (skripsi). (http://karya-ilmiah.um.ac.id, diakses 15 Januari 2016, 2016, 22.00 WIB). 80 hlm.
Indriyanti, Ratna. 2014. Pengaruh Dan Tempat Tinggal Terhadap
Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Wiraraja (tesis). digilib.uns.ac.id,diakses pada 10 Januari 2016, 13.34 WIB). 68 hlm.
Kusmintardjo. 1992. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah. IKIP Malang.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Misbahudin, Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mukarromah, Wulidzatul. 2013. Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Asrama Dan Luar Asrama Stikkes Aisyiah Yogyakarta (skripsi). (opac.unisayogya.ac.id, diakses 7 Januari 2016, 17.00 WIB) 11 hlm.
Nasir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Priyatno, Dwi. 2009. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Schohib, Moh. 1998. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri Sebagai Pribadi Yang Berkarakter. Jakarta: Rineka Cipta.
Sholeh, Muhammad. 2013. Perbedaan Prestasi Belajar Pada Siswa Yang Menggunakan Sistem Boarding School Di SMA Muhammadiyah 1 Gresik (tesis). (ejournal.unesa.ac.id, diakses pada 7 Januari 2016, 13.15 WIB). 7 hlm.
Soedewi, Sri. 1975. Hukum Perutangan terjemahan Verbintenissenrecht bagian dari Inleiding Nederlands Burgerlijk Recht. Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Bandung. Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.