Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa

Abdul Rahman As Syakir, Maskun Maskun, Muhammad Basri

Abstract


This study aims to determine whether there is a significant influence student learning activities in mastery learning strategies (mastery learning) on the results of student learning in classroom history lessons Sumberjaya XI IPS SMAN 1 Academic Year 2016/2017. This study uses experiment with the design of One Shot Case Study. Based on quantitative data analysis using t-test, it can be concluded that there is significant influence student learning activities in mastery learning strategies (mastery learning) on the results of student learning in classroom history lessons Sumberjaya XI IPS SMAN 1 Academic Year 2016/2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Sumberjaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan desain One Shot Case Study. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji-t, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Sumberjaya Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar, pengaruh, mastery learning


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1992. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Jakarta: LKIS Pelangi.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi, Soeyono. 2007. Metode Analisis Data Sosial. Kediri: CV Jenggala Pustaka Utama.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Made, Mariana Alit. 2003. Pembelajaran Remedial. Departemen Pendidikan Nasional Direktoran Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Pendidikan.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Seri Manajemen Sekolah Bermutu.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

Triyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.