PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR

Beni Apriantoro, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The objectives of this research was to find out the significant influence of learning activity in problem based instruction learning model towards students history learning outcomes class X IPS SMAN 1 Kota Gajah. The research was quantitative research with the experimental methods. The results of the study showed that there was significant influence of learning activity in problem based instruction learning model towards students learning outcomes with the significant result 0.47 categorized as enough.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Kota Gajah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa dengan besarnya taraf signifikan 0,47. termasuk ke dalam kategori cukup.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran, problem based instruction


Full Text:

PDF

References


Arends dalam Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: prenada media group

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinika Cipta

Arikunto.2012.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto.2007. Menejemen. Penelitian. Jakarta: Rinika Cipta

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Musa, Nurfitri.1988. Metodologi Penelitian. Jakarta :Fajar Agung

Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara Rineke Cipta

Oemar Hamalik. 2007. Dasar-dasar pegembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Siregar Syofian. 2012. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sudjana. 2005.Metoda Statistika. Bandung: Transito

Suryanto. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo. Masmedia Buana Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.