HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH

Yogi Putra, Muhammad Basri, Suparman Arif

Abstract


This research was conducted in SMA Negeri 13 Bandar Lampung with the aim to determine a the corelation of learning activity by Advance Organizer learning model and history learning outcome. The methodology used in this research was experiments with the One Shoot Case Study design. Data was collected by observation and test. Then, the collected data was processed manually by using the formula Gamma Corelation. The results of data analysis shows that there is a corelation of learning activity by learning model Advance Organizer and history learning outcomes.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan aktivitas belajar melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan hasil belajar sejarah siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain One Shoot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus korelasi Gamma. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan aktivitas belajar melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan hasil belajar sejarah.

Kata kunci : advance organizer, aktivitas, sejarah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2010. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunnurahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bruce, Joyce. 2016. Models Of Teaching (Edisi Kesembilan). Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatturahman, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit Bumi.

Margareth E. Gredler. 2011. Learning And Intruction:Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Misbahudin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gunung Agung.

Oemar, Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit Bumi

Sagala, Syaiful. 2013. KONSEP DAN MAKNA PEMBELAJARAN Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono,2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Afabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.