PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA

Riantimala Riantimala, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect and how much the significant effect of Group to Group Exchange model on the cognitive achievement of students in history studies class X.2 SMA Utama 2 Bandar Lampung in academic year 2014/2015. This research used experimental method with one group pretest-posttest design. Based on the analysis of quantitative data, it can be concluded that there is a significant influence and of the effect of the model significant level of Group to Group Exchange is at 0.494, which means enough.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange adalah sebesar 0,494 yang berarti cukup.

Kata kunci: group to group exchange, hasil belajar kognitif, model pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budimansyah, Dasim. 2009. PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Bandung: PT. Ganesindo.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rieneka Cipta

Martinis, Yamin. 2007. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Pramesti, Getut. 2014. Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan SPSS 22. Jakarta: Elex Media Komputindo

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Rusydie, Salman. 2012. Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta. Yogyakarta: Diva Press.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2009. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bakti Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.