PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH

Aditya Eko Prasetyono, Tontowi Amsia, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is any significant effect and how much significance level of the effect of implementing the comic media learning on the cognitive achievement of students in Class XI history Lesson IPS Swadhipa Natar high school academic year 2013/2014. The method used was quantitative with a quasi-experimental design. Based on the analysis of quantitative data can be concluded that there is a significant influence and the effect of the application of the media significance level of comic learning is equal to 0.61.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh penerapan media komik terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Swadhipa Natar Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh penerapan media komik adalah sebesar 0,61.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, komik, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhasimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_____. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Misbahudin dkk, 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Pendidikan Edukatif. Jakarta. Grafika.

Sagami, Galuh Cita. 2012. Keefektifan Media Komik Tanpa Teks dalam Pembelajaran Menulis Dongeng Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Wates. Yogyakarta. Skripsi: Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siregar, Sofyan. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

_____. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.