PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH SISWA

Esty Wulandini, Iskandar Syah, Syaiful M

Abstract


This study aimed to find out the existence of significant effect and significance level of PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) learning strategy effect toward the increasing of students cognitive learning outcomes in the History Lesson, Class X Social 3 of SMAN 1 Kalirejo 2014/2015 period. The method used was Quasi Experimental Research Design. Based on data analysis, it can be concluded that there is a significant effect from PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) strategy and the level of significance effect is 0.54 which, if put into an interpretation of the correlations included into quite significant category.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPS 3 SMAN 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang penelitian gunakan adalah Quasi Experimental Design. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan besarnya pengaruh signifikansi yang diberikan sebesar 0.54 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori cukup signifikan.

Kata kunci: kognitif, signifikan, strategi belajar pq4r


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.

______________. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

_____________. 1998. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zein. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Guilford, J.P. 1979. Psychomeric Methods. New Delhi: Tata McG raw-Hill Publishing Co. Ltd.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Adi Tama.

Nasution, S. 1996. Metode Risearch (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, Syofian. 2012. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian PendidikanKompetensi Dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.