EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X

Rika Warda Julianti, Maskun Maskun, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this research was to determine how big the effectivity of active learning strategy type of team quiz on history learning at the tenth grade students of SMA Negeri 5 Bandar Lampung in academic year 2014/2015. This research used was descriptive method with analysis technique of quantitative data. The result of this research were the effectivity of active learning strategy type of team quiz on history learning at the tenth grade student of SMA Negeri 5 Bandar Lampung in academic year 2014/2015 was strong/effective, based on the questionnaire result of 77,8% and the observation result of 76,7%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya efektivitas strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil dari peneitian ini adalah efektivitas strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah kuat/efektif, dengan berdasarkan hasil kuesioner sebesar 77,8% dan hasil observasi sebesar 76,7%.

Kata kunci: efektivitas, strategi pembelajaran aktif, team quiz


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1992. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hadjar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nazir, Mohammad. 1983. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ruseffendi. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Semarang : Press Semarang

Silbermen, Melvin L. 2013. Active Learning. Bandung : PT. Nuansa Cendikia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Taniredja, Tukiran. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.