HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KONTEN PEDAGOGIS DENGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Puji Hayati, M Thoha BS Jaya, Een Yayah Haenilah

Abstract


The problem of this research was the low learning management in Early Childhood Education. This study aimed to determine the correlation between pedagogical content mastery with early childhood learning management in PAUD Way Halim district, Bandar Lampung, 2014/2015. The method used in this research was simple correlation design (Bivariate Correlation). Data were collected by observation, questionnaire, and documentation. Data were analyzed by using cross table analysis and hypothesis testing analysis. The results showed a positive correlation between pedagogical content mastery with early childhood learning management in Way Halim district, Bandar Lampung, period 2014/2015. The correlation between two variables was significant, because the pedagogical content has a big contribution into early learning education.

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya pengelolaan pembelajaran anak usia dini di PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konten pedagogis dengan pengelolaan pembelajaran anak usia dini di PAUD se-Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Korelasional dengan Desain korelasi sederhana (Bivariate Correlation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel silang, analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara penguasaan konten pedagogis dengan pengelolaan pembelajaran di PAUD se-Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Hubungan kedua variabel tersebut signifikan, karena kontribusi konten pedagogis terhadap pengelolaan pembelajaran AUD sangat besar.

Kata kunci: konten pedagogis, pengelolaan pembelajaran, anak usia dini.


References


Aqib, Z. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.

Gabel. 1994. Hand Book Of Research On Science Teaching Learning : A. Proyek of the National Sience Teacher Assosiation. New York: Macmillan Publishing.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 19 Ayat 1. 2013. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shulman, L. S. 1986. Those who understand: knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2): 414.

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats