Pengaruh Metode Proyek Terhadap Sikap Tanggungjawab Anak
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aeni, A. N. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mahasiswa PGSD untuk Menanamkan Nilai Tanggungjawab pada Siswa Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 106–125. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1170
Alhadad, B., Arfa, U., & Sulman, H. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 45–58. https://doi.org/10.33387/CAHAYAPD.V2I2.1956
Astawa, I. M. W., Sadia, W., & Suastra, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah Dan Konsep Diri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(2), 1–11. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1510
Astuti, E. P. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 81–94. https://doi.org/10.30870/JPPPAUD.V3I2.4613
Atika, N., Sofia, A., & Riswandi, R. (2018). Metode Proyek dalam Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–5. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/15321
Atmawati, T. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Biologi Materi Metode Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Formo. Florea, 5(1), 19–28.
Fiktoyana, I. N. H., Arsa, I. P. S., & Adiarta, A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(3), 90–101. https://doi.org/10.23887/JJPTE.V7I3.20858
Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.22460/TS.V3I1P21-37.316
Hastuti, D. D., & Fuadi, D. (2019). Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMA. Manajemen Pendidikan, 13(2), 139–146. https://doi.org/10.23917/JMP.V13I2.7481
Hendikawati, P., Sunarmi, & Mubarak, D. (2016). Meningkatkan Pemahaman dan Mengembangkan Karakter Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Proyek. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 123–130. https://doi.org/10.15294/KREANO.V7I2.4730
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/PAUD.V9I2.37756
Kilpatrick, W. H. (1918). The Project Method. New York: Teachers College, Columbia University.
Lestari, S. A., Sofia, A., & Surahman, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Pengembangan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 1–7. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/12973
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 86–99. https://doi.org/10.21831/JPK.V7I1.15503
Pratiwi, D., Pribowo, F. S. P., & Setiawan, F. (2021). Analisis Sikap Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 83–103. https://doi.org/10.22437/GENTALA.V6I1.12028
Pratiwi, S., Ariesta, R., & Arono. (2018). Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 210–218. https://doi.org/10.33369/JIK.V2I2.6526
Purnawanto, A. T. (2019). Penerapan Metode Proyek dalam Pembelajaran PAI. JURNAL PEDAGOGY, 12(2), 1–11. Retrieved from http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1
Ratisya, R., Yahya, E., & Surahman, M. (2017). Penggunaan Metode Proyek Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14256
Rifai, S. S., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Ilmiah Peserta Didik Di Kelas Tinggi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 127–137. https://doi.org/10.31331/JIPVA.V3I2.874
Rohayati, R., Sumarni, W., & Wijayati, N. (2015). Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Jiwa Kewirausahaan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1556–1565. https://doi.org/10.15294/JIPK.V9I2.4823
Salsabila, J., & Nurmaniah. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(02), 111–118. https://doi.org/10.29408/GOLDENAGE.V5I01.3334
Santika, L., Jaya, M. T. B. ., & Haenilah, E. Y. (2016). Aktivitas Belajar Menggunakan Metode Ceramah Dan Metode Proyek Dengan Perkembangan Sosial. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–9. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/11589
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121. https://doi.org/10.33394/JK.V7I1.3150
Widiyono, A. (2022). Kegiatan Cooking Class Untuk Menumbuhkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 59–68. https://doi.org/10.25078/PW.V7I1.515
Windasari, W., Sofia, A., & Surahman, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 1–8. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/13678
Zahro, A. F. (2022). Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Di TK Islam Terpadu An-Nur Kebomas Gresik. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 12–22. https://doi.org/10.18860/JPAUI.V1I1.1077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.