Pengaruh Metode Proyek Terhadap Sikap Tanggungjawab Anak

Sirjon Sirjon, Nita Setia Winny, Andrianus Krobo, Agustinus Tandilo Mamma

Abstract


Pengaruh Metode Proyek Terhadap Sikap Tanggungjawab Anak. Perkembangan anak usia dini pada setiap tahap perkembangan mengalami perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek, termasuk perkembangan sosial dan moral. Sikap tanggungjawab sebagai bagian penting dari karakter, menjadi elemen krusial yang perlu ditanamkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode proyek terhadap sikap tanggungjawab anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Abepura, Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental one group pre-test - post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Abepura, Kota Jayapura. Penelitian melibatkan 26 anak sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik purposive sampling. Observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data, sementara analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dari rata-rata pretest (21,42) ke posttest (29,65), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya, metode proyek memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan sikap tanggungjawab anak. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua tentang efektivitas metode proyek dalam membentuk sikap tanggungjawab pada anak usia dini.

References


Aeni, A. N. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mahasiswa PGSD untuk Menanamkan Nilai Tanggungjawab pada Siswa Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 106–125. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1170

Alhadad, B., Arfa, U., & Sulman, H. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 45–58. https://doi.org/10.33387/CAHAYAPD.V2I2.1956

Astawa, I. M. W., Sadia, W., & Suastra, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah Dan Konsep Diri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(2), 1–11. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1510

Astuti, E. P. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 81–94. https://doi.org/10.30870/JPPPAUD.V3I2.4613

Atika, N., Sofia, A., & Riswandi, R. (2018). Metode Proyek dalam Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–5. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/15321

Atmawati, T. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Biologi Materi Metode Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Formo. Florea, 5(1), 19–28.

Fiktoyana, I. N. H., Arsa, I. P. S., & Adiarta, A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(3), 90–101. https://doi.org/10.23887/JJPTE.V7I3.20858

Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.22460/TS.V3I1P21-37.316

Hastuti, D. D., & Fuadi, D. (2019). Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMA. Manajemen Pendidikan, 13(2), 139–146. https://doi.org/10.23917/JMP.V13I2.7481

Hendikawati, P., Sunarmi, & Mubarak, D. (2016). Meningkatkan Pemahaman dan Mengembangkan Karakter Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Proyek. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 123–130. https://doi.org/10.15294/KREANO.V7I2.4730

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/PAUD.V9I2.37756

Kilpatrick, W. H. (1918). The Project Method. New York: Teachers College, Columbia University.

Lestari, S. A., Sofia, A., & Surahman, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Pengembangan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 1–7. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/12973

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 86–99. https://doi.org/10.21831/JPK.V7I1.15503

Pratiwi, D., Pribowo, F. S. P., & Setiawan, F. (2021). Analisis Sikap Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 83–103. https://doi.org/10.22437/GENTALA.V6I1.12028

Pratiwi, S., Ariesta, R., & Arono. (2018). Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 210–218. https://doi.org/10.33369/JIK.V2I2.6526

Purnawanto, A. T. (2019). Penerapan Metode Proyek dalam Pembelajaran PAI. JURNAL PEDAGOGY, 12(2), 1–11. Retrieved from http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1

Ratisya, R., Yahya, E., & Surahman, M. (2017). Penggunaan Metode Proyek Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14256

Rifai, S. S., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Ilmiah Peserta Didik Di Kelas Tinggi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 127–137. https://doi.org/10.31331/JIPVA.V3I2.874

Rohayati, R., Sumarni, W., & Wijayati, N. (2015). Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Jiwa Kewirausahaan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1556–1565. https://doi.org/10.15294/JIPK.V9I2.4823

Salsabila, J., & Nurmaniah. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(02), 111–118. https://doi.org/10.29408/GOLDENAGE.V5I01.3334

Santika, L., Jaya, M. T. B. ., & Haenilah, E. Y. (2016). Aktivitas Belajar Menggunakan Metode Ceramah Dan Metode Proyek Dengan Perkembangan Sosial. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–9. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/11589

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121. https://doi.org/10.33394/JK.V7I1.3150

Widiyono, A. (2022). Kegiatan Cooking Class Untuk Menumbuhkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 59–68. https://doi.org/10.25078/PW.V7I1.515

Windasari, W., Sofia, A., & Surahman, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 1–8. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/13678

Zahro, A. F. (2022). Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Di TK Islam Terpadu An-Nur Kebomas Gresik. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 12–22. https://doi.org/10.18860/JPAUI.V1I1.1077


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats