Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM terhadap Kemampuan Kognitif Anak
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anshoriyah, S., Mu’awanah, F., Jannah, P., Ayuni, N., Abidah, R., & Hasangapan, M. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di Ra Amal Shaleh Kabupaten Jember. JUTEKBIDIK : Jurnal Teknologi, 1(1), 128–137.
Areljung, S., & Günther-Hanssen, A. (2022). STEAM education: An opportunity to transcend gender and disciplinary norms in early childhood? Contemporary Issues in Early Childhood, 23(4), 500–503. https://doi.org/10.1177/14639491211051434
Asbari, M., & Chiam, J. V. (2023). Innovate to Liberate : Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 05, 8–12.
Asmah, A. (2022). Internalisasi Teori Humanistik dalam Implementasi KurikulumMerdeka dan Merdeka Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasonal Pendidikan , 1(1), 664–670. http://semnaspendidikan.unim.ac.id/index.php/semnas/article/view/112/81
Atiaturrahmaniah, A., Bagus, I., Aryana, P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science , technology , engineering , arts , and math ( STEAM ) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 368–375.
Desfitri, F. Z., & Hastuti, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Video Vlog Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa KI 4 Pada KD 4. Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 3 Payakumbuh. Kronolgi, 4(2), 98–111.
Elok Endang Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Shofiatin Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 567–578. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265
Estiana, R., Supriaman, S., Sutrisno, N., Purnomo, D., & Sugiyanto, E. (2023). Pentingnya Penguatan Soft Skill bagi Generasi Z di Kalangan Santri Pesantren Yaa Bunaya, Purwakarta. Buletin Abdi Masyarakat, 3(2), 1–10.
Fajzrina, L. N. W., Fatmawati, F., Munawarah, M., Ngaisah, N. C., Fajarrini, A., Meilasari, D., & Hermawati, K. A. (2023). Perkembangan Kognitif dan Emosional Anak Usia 5 Tahun Melalui Gerak dan Lagu. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 5(1), 16–30. https://doi.org/10.15642/jeced.v5i1.2316
Habsy, B. A., Senja, A. T. F., Mahmudah, N., & Kartikasari, D. D. (2023). Penanganan Masalah Kesulitan Belajar Akademik. TSAQOFAH, 4(1), 263–277. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2166
Harjanty, R., & Hardianti, F. (2020). Analysis of The Application of STEAM-Based Learning. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(2), 112–115.
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Khotimah, A. K., Aisiyah, L. N., & Atika, A. N. (2023). Pengembangan Model Pengelolaan Lingkungan Berkebun untuk Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida 01 Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 10(2), 89–98.
Kris Hardiyani, I., Latiana, L., Formen, A., & Khoirunnisa, H. (2022). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Merdeka Bermain. Universitas Hamzanwadi, 6(02), 466–474. https://doi.org/
Limbong, I., Munawar, M., & Kusumaningtyas, N. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAUD Berbasis STEAM (Science, Technology, Eingeneering, Art, Mathematic). Seminar Nasional Paud, 2019: Seminar Nasional PAUD 2019, 203–212.
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad Ke-21 (Issue December).
Mardiah, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Paud. Institut PTIQ Jakarta, 9(2), 1–13. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:cFh75eD9w18J:scholar.google.com/+prinsip+kurikulum+merdeka+paud&hl=en&as_sdt=0,5
Mardiana, D., & Umiarso. (2020). Merdeka Belajar di Tenagah Pandemi COVID-19: Studi di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. AL-TA’DIB Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 13(2), 78–91.
Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Pamungkas, O. Y., & Sudigdo, A. (2022). Profile of Pancasila Students: Implementation of Diversity in MBKM Student’s Stories in UST Yogyakarta. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku870
Piaget, J. (2018). The Psychology of the Child (Psikologi Anak). Pustaka Pelajar.
Rachman, Y. A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1), 14–22.
Rawanti, S., Utoyo, S., & Ardini, P. P. (2023). Steam Learning Training Through Loose Part Media in The Coastal Area. PEDAGOGIKA, 112–129. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2194
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. SELING, 8(1), 143–158.
Sayfullooh, I. A., Desyandri, Irdamurni, & Nafsi Latifah. (2023). Relevansi Teori Konstruktivistik Vygotsky dengan Kurikulum Merdeka: Studi Kepustakaan. Jurnal Tinta, 5(2), 73–82.
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). ALFABETA, cv.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.