Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun

Diah Ekarini, Asih Budi kurniawati, Renti Oktaria

Abstract


Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak berusia 5-6 tahun yang diperoleh melalui teknik sampel acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan observasi kepada anak. Hasil rata-rata pre-test yang diperoleh melalui hasil observasi sebesar 71,23. Setelah pre-test dilakukan kemudian diberikan perlakuan dengan permainan bisik berantai untuk melatih kemampuan berbicara anak, selama melakukan perlakuan (treatment), terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari nilai post-test yang memperoleh rata-rata sebesar 88,83. Analisis data yang digunakan adalah uji paired t-test pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Kemudian, untuk menguji signifikasi data dilakukan dengan membandingkan nilai Sig. (2-tailed) dengan nilai α. Berdasarkan hasil uji paired t-test pada data pre-test dan posttest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < nilai α (0,001 < 0,05). Demikian disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh dari permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun.

 

Kata Kunci: Permainan Bisik Berantai, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini 

Full Text:

PDF

References


Brown, G. (1981). TEACHING THE SPOKEN LANGUAGE. Studia Linguistica, 35(1–2). https://doi.org/10.1111/j.1467-9582.1981.tb00708.x

Burn, A. and J. (1997). Focus on Speaking. National Center and Research.

Hurlock, E. B. (2003). Perkembangan Anak (Keenam). Erlangga.

Kurniawati, A. B., & Sumantri, M. S. (2021). Development of Whole Language-Bases Instructional Models to Improve Commencement Literacy Skills. Turkish Journal of Computer and …, 12(6), 4447–4460. https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/8431%0Ahttps://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/download/8431/6611

Musfiroh, T. (2010). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Dalam Buku 2: Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 11, Kementerian Pendidikan Nasional, UNY.

Putri, A. A., & Nufus, N. (2022). Pengaruh Permainan Bisik Berantai terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun. 5(2), 112–117. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.9149

Suhartono. (2005). Pengembangan Ketrampilan Berbicara Anak Usia Dini. Depdiknas.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Rahma, Zahratur. (2019). Penerapan Permainan Bisik Berantai untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di KB Tunas Harapan Tanjung Bintang Lampung Selatan (skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Irania. (2016). Hubungan Antara Bermain Bisik Berantai Dengan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Pada Anak Kelompok B Di Paud Uswatun Hasanah Menako Bandar Lampung (skripsi). Universitas Lampung. Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats