Pengaruh Game Edukatif Terhadap Pengenalan Konsep Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Eriva Setyowati, Nur Ika Sari Rakhmawati

Abstract


Adapun untuk mengetahui pengaruh game edukatif terhadap pengenalan konsep disiplin anak dalam rentang usia 5-6 tahun merupakan tujuan dari penelitian yang telah dilakukan. Lokasi penelitian berada di TK Ar-Rohmah Surabaya, Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2022. Pada penelitian ini pendekatan penelitian dengan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu (quasy experiment). Dimana sampel ditetapkan secara purposive sampling dengan kriteria khusus menggunakan rumus Slovin. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 anak dengan 29 anak pada kelas kelompok eksperimen dan 29 anak pada kelas kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan didapatkan dari berbagai literatur dan sumber yang dibuat dalam pertanyaan dengan bentuk skala Likert. Adapun observasi dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Sehingga teknik analisis datanya menggunakan SPSS 26 for windows. Kemudian data yang telah diperoleh tersebut dianalisis melalui data pra penelitian meliputi uji validitas dan reliabilitas. Setelahnya untuk hasil data pra penelitian tersebut akan dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Apabila hasil dari (paired sample t-test) atau uji t menunjukkan bahwa nilainya < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan treatment menggunakan game edukatif ini diperoleh hasil nilai signifikansi pada pre dan post test pada kelas kelompok eksperimen dengan hasil 0,000. Hal tersebut dapat dinyataakan bahwa hipotesis Ha diterima sedangkan H0 ditolak, dimana dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara pemahaman konsep disiplin pada anak sebelum diterapkan media game edukatif dan sesudah diterapkannya. Adapun pada penelitian ini belum sampai pada implikasi dan pembiasaan pada anak dalam kehidupan sehari-harinya dan hanya sebatas mengenalkan konsep disiplin pada anak dengan usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

Refbacks



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats