PENGGUNAAN BAHAN ALAM MELALUI KEGIATAN MENCETAK TERHADAP KREATIVITAS AUD
Abstract
Begitu penting perkembangan kreativitas, karena kreativitas bisa di wujudkan atau di aktualisasikan pada pribadi seseorang yang merupakan kebutuhan dasar tertinggi dalam kehidupan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas menggunakan bahan-bahan alam dalam bentuk daun pisang, belimbing, sayur-sayuran (wortel, kentang, daun singkong, dan daun pepaya) yang berwujud kegiatan mencetakan pada usia 5-6 tahun. Penelitian ini berjenisQuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Dari analisis data perolehan nilai sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen yang dilaksanakan pada kelompok ekperimen serta kelompok control dengan akumulasi peolehan yang signifikan, diperoleh nilai rata-rata pretest eksperimen sebesar 20,40 dan nilai rata-rata posttest kontrol sebesar 28,70. Berdasarkan hasil data preetest dalam kelompok eksperimen dan kontrol, diketahui bahwa distribusi populasi normal diperoleh asymp. Sig = 0,200 ≥ 0,05, termuat hasil h0 diterima dan posttest kelas eksperimen dan kontrol pula mempunyai nilai Asymp distribusi normal. Penggunaan bahan alam yang digunakan ada pengaruh tinggi terhadap pengembangan kreativitas AUD. Kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan atau meningkat penggunaan bahan alam melalui kegatan mencetak dalam pengembangan kreativitas AUD.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 295. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Cut Kamaril. (2002). Pendidikan Seni Rupa / Kerajinan Tangan. Jakarta : Universita Terbuka.
Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, D. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Siswa Melalui Teknik Pencetakan Dengan Bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.1.1.7-14
Diana Vidya Fakhriyani. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Einon Dorothy. (2005). Permainan Cerdas untuk Anak Usia 2-6 Tahun. Jakarta : Erlangga.
Ekayati, I. A. A. S., & Fitriani, D. (2020). Meningkatkan Keterampilan Sains Dalam Analisis Beragam Rasa Melalui Media Bahan Alam. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 192–205. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.6044.g3282
Faizah. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Eksplorasi. THUFULI : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33474/thufuli.v1i1.2689
Hajar Pamdhi & Evan Sukardi S. (2008). Seni Keteranpilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Heldanita. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 58. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2018.53-64
Ismaniar & Nur H. (2018). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deucoupage Bagi Pendidikan PAUD. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang : Padang.
Kartini & Sujarwo. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 200. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689
Kuraedah, S., & Anhusadar, L. O. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211–223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299
Lerin. Christene. (2009). Permainan untuk Meningkatkan Kreativitas Buah Hati. Jakarta : Trasmedia.
Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pemblajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
M.Fadillah, dkk. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Pernadamedia Grup.
Made, N., Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., Poerwati, C. E., Pendidikan, S., Usia, G. A., & Pura, U. D. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 214. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559
Maryati, F. D. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Di Ra Cendikia Al Madani Ngambur Pesisir Barat. Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FTK UIN Raden Intan Lampung.
Masganti Sit. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.
Mohammad Fauziddin. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curcilla, 1(3), 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22216/JCC.2016.v2i3.1277 Abstract
Muhammad Ali, M. A. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nana Sudjana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Novi Mulyani. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gava Media.
Nurlin, S. Y. M. & H. Y. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 211. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9108
Ranti, E. S., & Hazizah, N. (2019). Pengaruh Kegiatan Herbarium Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di PAUD Kasih Ibu I Luar Parit. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 43–48. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5372
Sagala, R. (2019). Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun ajaran 2018 / 2019. 5(2), 29–38.
Saripudin, A. I. P., Khaeriyah, E. R. Y., & Lestari, R. A. Y. U. (2020). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui menggambar dengan teknik inkblot. Jurnal Equalita, 2(1), 77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/equalita.v2i1.7058
Sri Marwiyati dan istiningsih. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan tinggi. Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suprihatin, A., & Masnun, M. (2019). Peningkatan Kreativitas Berbahasa Melalui. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 96–112. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3964.g2103
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Padang : Kencana.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Yeni Rachmawati & Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Yuliani Nurani & Trias Mayangasri. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendiidkan Usia Dini, 11(2), 386. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.112 DOI:
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.