PERAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA (AYAH-IBU-ANAK) PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
Abstract
Keywords: anak usia dini, kemampuan berbicara, pola komunikasi keluarga
Full Text:
PDFReferences
Alfatihaturrahmah, M. D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 5: 101-109.
Andika, Y., & Sunarti, V. (2018). Hubungan Antara Komunikasi Keluarga dengan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Desa Rambai. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS). 6: 547-554.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsanti, M. 2014. Pemerolehan Bahasa pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI. 3: 24-47.
Astuti, T. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 3: 88–95.
Bahfiarti, T. (2016). Komunikasi Keluarga: Suatu Pendekatan Keberlanjutan Regenerasi Anak Petani Kakao di Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Kedai Buku Jenny.
Calista, R, dkk. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Raudhatul Athfal Ikhlas Gunung Pangilun Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3: 1632-1638
Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmadi, H. (2013). Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Djayadin, C., & Munastiwi, E. (2020). Pola Komunikasi Keluarga terhadap Kesehatan Mental Anak di Tengah Pandemi Covid-19. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 4: 160-180.
Heller, S. R., etc. (2006). Gender Differences in Adolescent Perception of Parent Adolescent Opennes in Communication and Adolescent Empathy. Mariage & Family Review. 40: 103-122.
Nurbiana, D., dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurbiana, D, dkk. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Menonton VCD Cerita Anak. Perspektif Ilmu Pendidikan. 22: 122-131.
Jalongo, M. R. (2007). Early Childhood Language Arts. USA: Pearson Education, inc.
Kasman, N, dkk. (2014). The Effectiveness of Stimulus to the Language Acquitions of Early Age Child. Journal of Language Teaching and Research. 5: 1315-1321.
Kristiaty, T. (2014). Second Language Acquisition. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Maisyaroh., dkk. (2017). Peran Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 2: 50-61.
Masykouri, A. (2011). Mengasah Kemampuan Berbahasa di Usia 4-6 Tahun. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.
Nurlaeli, D. A. (2015). Hubungan antara Interaksi Orang Tua dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun di TK Pertiwi Babakan Kalimanah Purbalingga Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 1: 1-16.
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga. Jakarta : Prenadamedia Grup.
Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No. 137. Diambil dari https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Paparan%20Perkembangan%20Anak%20Usia%20Dini%20-%20Nurfadillah,_1624864376.pdf
Rahmawati., & Gazali, M. (2018). Pola Komunikasi dalam Keluarga. Jurnal Al-Munzir. 11: 163-181.
Setianingsih, F. (2017). Peran Komunikasi Ayah dalam Perkembangan Mental Anak: Studi atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar. Jurnal of Multidisciplinary Studies. 1: 169-184
Sjarkawi. (2006). Pembentukan kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.
Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca huruf Abjad bagi Anak Usia Dini Bagian dari Perkembangan Bahasa. Early Childhood: Jurnal Pendidikan. 1: 1-13.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung : Angkasa.
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Cakrawala Pendidikan. 23: 459-479.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.