MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA

feti aprianti, Arie Widiyastuti

Abstract


The purpose of this study is to describe the development of the ability to introduce the letters of the alphabet using word cards to early childhood children aged 5-6 years in RA Al-Amien, Limusnunggal Village, Cibeureum District, Sukabumi City. This study uses a qualitative descriptive research conducted at RA Al-Amien Limusnunggal Karanganyar. The research subject is a B1 class teacher at RA Al-Amien Limusnunggal. The research informants were the Principal of the Kindergarten and Class A teachers at RA Al-Amien, Limusnunggal Village, Cibeureum District, Sukabumi City. Data collection methods used are observation, interviews, documentation. The research is aimed at improving human resources, namely teachers in increasing recognizing letters in early childhood, as well as making letter cards that are interesting for early childhood.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendekripsikan pengembangkan kemampuan mengenalkan huruf abjad menggunakan media kartu kata pada anak usia dini yang berusia 5-6 tahun di RA Al-Amien Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di RA Al-Amien Limusnunggal Karanganyar. Subyek Penelitian adalah guru kelas B1 di RA Al-Amien Limusnunggal. Informan Penelitian adalah Kepala Sekolah TK dan guru kelas A di RA Al-Amien Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitiam di tujukan untuk meningkatkan sumber daya manusia yaitu guru dalam meningkatkan mengenal huruf pada anak usia dini, serta membuat kartu hurug yang menarik bagi anak usia dini.

 

Kata Kunci : Kartu Huruf, Guru, Anak usia dini

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n2.22860


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rofi’uddin. (2003). Faktor Kreativitas Dalam Kemampuan Membaca dan menulis siswa kelas 5 Sekolah Dasar Islam Sabilillah. Malang: LemlitUniversitas Negeri Malang.

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana.

Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media. Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Azhar Arsyad. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Burhan Bugin,2001. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.

Christiana Hari Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak (sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir). Jakarta: Prenada.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Nurbiana Dhieni.dkk.2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fadlilah.2013. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Yogyakarta: Kencana.

Helyantini Soetopo. (2009). Pintar memakai Alat Bantu Ajar (untuk guru kelompok anak usia dini). Jakarta: Erlangga.

John W. Santrock. 2006. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Maimunah Hasan. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DivaPress.

A Michael Matthew B Miles dan Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Lexy J Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jasa Ungguh Muliawan.2009. Manajemen Playgroup dan Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Diva Press

Mulyasa.2012. Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya

Nelvarolina.2012. Alat Permainan Edukatif untuk AUD. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Novi Mulyani.2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Carol&Barbara A Wasik Seefeldt, (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. (Alihbahasa: Pius Nasar). Jakarta: Indeks.

____________. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: Indeks.

Slamet Suyanto. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Soenjono Dardjowidjojo. (2003). Psikolinguistik: pengantar pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats