Pelaksanaan Pemberian Tugas Bisa Meningkatkan Kemampuan pada Anak TK Negeri Pembina Sungai Raya dalam Mengenal Warna

Usnah Usnah

Abstract


The purpose of this study was to describe the implementation of this assignment to improve the ability of the children of Group B of the Pembina Raya Kindergarten in recognizing colors. The method used in this research is classroom action research (PTK). The research subjects were children of Group B of the Pembina Raya Kindergarten, using data collection tools in the form of observation and assignments. From the results of the given assignments, it was found that the child's ability to recognize colors (pointing, mentioning, and grouping) after being accumulated in cycle I was 31.11%, and cycle II there was 82.22%. This shows an increase in the child's ability to recognize colors on the given task. Thus, the implementation of assigning assignments to Group B Kindergarten Children of Raya Sungai Raya, Kubu Raya Regency in the ability to recognize colors increases.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pemberian tugas ini meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dalam mengenal warna. Metode yang digunakan pada penelitian adalah penelitian tindakankelas (PTK). Subjek riset merupakan anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tugas. Dari hasil tugas yang diberikan diperoleh kemampuan anak mengenal warna (menunjuk, menyebutkan, dan mengelompokkan) setelah diakumulasikan pada siklus I terdapat 31,11%, dan siklus II terdapat 82,22%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal warna pada tugas yang diberikan. Dengan demikian, pelaksanaan pemberian tugas pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dalam  kemampuan mengenal warna meningkat.

 Kata kunci : Meningkatkan; Mengenal warna; Pemberian tugas.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22275


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I.H., & Suratno, J. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal Pengajaran MIPA, 20(2), 1.

Acep, Y. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Nugraha, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Dirjen Dikti Depdiknas: Jakarta.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Baniyah. (2009). Menumbuhkan Kemandirian dan Kreativitas Pola Pikir Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: SMAN 7 Yogyakarta.

Burhan, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Porter, De B., & Hemacki, M. (2000). Quantum Learning. Bandung: Ka’ifa.

Depdiknas. (2009). Permendiknas No 58 Tahun 2009 Tentang Standar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD,SMP,dan SMA. Bandung : Rosda.

Mutiah, Diana . (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenda Media Group.

Rasyid, Harun.. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Multi Pressindo.

Haryono. (2007). Belajar dan mengembangkan kreativitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Montolalu. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Musfiroh. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soewignjo, S. (2013). Seni Mengatur Komposisi Warna Digital. Yogyakarta: Taka Publisher.

Rosalina & Nurhenti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalalam Mengenal Warna Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Lamu dan Baterai. Jurnal Lentera, 2(1), 1-9. file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/10595-Article%20Text-13803-1-10-20150126.pdf

Sudono, Anggani. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Sujiono, Y. . (2008). Metode Pengembangan Kognitif (p. 7). Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tedja, S., Mayke, S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Winda, G., dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Yuliani, N, S. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats