Pelaksanaan Pemberian Tugas Bisa Meningkatkan Kemampuan pada Anak TK Negeri Pembina Sungai Raya dalam Mengenal Warna
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pemberian tugas ini meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dalam mengenal warna. Metode yang digunakan pada penelitian adalah penelitian tindakankelas (PTK). Subjek riset merupakan anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tugas. Dari hasil tugas yang diberikan diperoleh kemampuan anak mengenal warna (menunjuk, menyebutkan, dan mengelompokkan) setelah diakumulasikan pada siklus I terdapat 31,11%, dan siklus II terdapat 82,22%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal warna pada tugas yang diberikan. Dengan demikian, pelaksanaan pemberian tugas pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dalam kemampuan mengenal warna meningkat.
Kata kunci : Meningkatkan; Mengenal warna; Pemberian tugas.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I.H., & Suratno, J. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal Pengajaran MIPA, 20(2), 1.
Acep, Y. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Nugraha, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Dirjen Dikti Depdiknas: Jakarta.
Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Baniyah. (2009). Menumbuhkan Kemandirian dan Kreativitas Pola Pikir Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: SMAN 7 Yogyakarta.
Burhan, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Porter, De B., & Hemacki, M. (2000). Quantum Learning. Bandung: Ka’ifa.
Depdiknas. (2009). Permendiknas No 58 Tahun 2009 Tentang Standar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD,SMP,dan SMA. Bandung : Rosda.
Mutiah, Diana . (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenda Media Group.
Rasyid, Harun.. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Multi Pressindo.
Haryono. (2007). Belajar dan mengembangkan kreativitas. Jakarta: Rineka Cipta.
Montolalu. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiroh. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Soewignjo, S. (2013). Seni Mengatur Komposisi Warna Digital. Yogyakarta: Taka Publisher.
Rosalina & Nurhenti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalalam Mengenal Warna Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Lamu dan Baterai. Jurnal Lentera, 2(1), 1-9. file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/10595-Article%20Text-13803-1-10-20150126.pdf
Sudono, Anggani. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.
Sujiono, Y. . (2008). Metode Pengembangan Kognitif (p. 7). Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tedja, S., Mayke, S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Winda, G., dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Yuliani, N, S. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka: Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.