Peningkatan Kemampuan Menyimak Dasar Melalui Metode Mendongeng Interaktif Komunikatif
Abstract
This study aimed to improve listening skills through an integrated interactive storytelling method in students of group B (5-6 years old), PAUD Al-Muqorrobin, Cigalontang District, Tasikmalaya Regency. This research was classroom action research using the Kemmis and McTaggart models. Data were collected by using observations of behavior, as well as oral tests in the form of questioning and documentation. Data were analyzed by using quantitative descriptive (percentages and averages). Based on data analysis, it was found that teacher and student activities increased each cycle. The average ability to listen to children in each indicator increased by 46.66%. The average for the lowest score increased by 56.66% and for the highest score an increase of 43.33%. In addition, 90% are said to meet the achievement and exceed the target and declared complete. Therefore the integrated communicative interactive storytelling method affects children listening ability in Almuqorrobin Tasikmalaya PAUD.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode mendongeng interaktif terpadu pada siswa kelompok B PAUD Al-Muqorrobin Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Data dikumpulkan melalui lembar observasi pengamatan perilaku, serta tes lisan berupa pertanyaan menggali dan dokumentasi. Data dianalisis melalui deskriptif kuantitatif (presentase dan rata-rata). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat setiap siklus. Rata-rata kemampuan menyimak anak pada setiap indikator mengalami peningkatan sebesar 46.66%. Rata-rata untuk skor terendah mengalami peningkatan sebesar 56.66% dan untuk skor tertinggi mengalami peningkatan sebesar 43.33%. Selain itu 90% dikatakan memenuhi ketercapaian dan melebihi target serta dinyatakan tuntas. Oleh sebab itu metode mendongeng interaktif terpadu berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak kelas B (usia 5-6 tahun) di PAUD Almuqorrobin Tasikmalaya.
Kata Kunci: metode interaktif terpadu, mendongeng, kemampuan menyimak
Full Text:
PDFReferences
Asmawati, L. (2008). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini Secara Islami. Jakarta: Darul Qalam.
Azwar, S. (1987). Tes Prestasi, Fungsi dan pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Edisi II. Yogyakarta: Bina Insani.
Behjat, F. (2012). Interpersonal and Intrapersonal Intelligences and Language Litelature: Do They Really Work Inforeign-Language Learning?. Jurnal Online: Elsevier, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsivier Ltd. Vol.32 (2012) P.355: 1877-0428.
Bromley, KDA. (1992). Languange Arts: Exploring Connection Second Edition. New York: Simon and Schuster.
Degeng, NS. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dhieni, N., et.al. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Freeman, J. (2015). Developing Social Skills Literature Skill and Relationships. Reclaiming Journal. 23(4):51.
George, S. (1988). Morrison, Early Choldhood Education Today, fourth edition. USA: Merryl Publishing Company.
Hamdayana. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Herrick, VE & Jacob, LB. (1988). Children and Languange Arts Englewood Cliff: California: Pearson.
Jamaris, M. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
Kusmayadi, I. (2011). Membongkar Kecerdasan Anak, Mendeteksi Bakat dan Minat Anak Jakarta: Gudang Ilmu.
Rahayu, C.P. (2000). Penggunaan Sandiwara Boneka Sebagai Media Pembelajaran. Penelitian Ilmiah. Jakarta: Teknologi Pendidikan.
Rahmat. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi. Jurnal IJPE UPI. 1(1):27-33.
Rejeki, S. (2009). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng. Jakarta: Pendidikan Anak Usia Dini.
Saputro, S. (2006). Strategi Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Seefeldt, C & Barbour, N. (1983). Early Childhood Education. New York: Mc. Millan.
Sujiono, YN. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Walter, TP & Julie, MJ. (1975). Developing Children Language. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Wright, C, et.al. (2013). Windows into Children’s Thinking: A Guide to Storytelling and Dramatization. Early Childhood Education Journal. 2 (7).
Yudha, A. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Dar Mizan.
Yuliani N.S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Index.
Zeece, PD. (1977). Bringing Book to Life: Literatur-Based Storytelling. New York: Human Sience Press.Inc
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.