Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun
Abstract
The background of this research is the number of modern games addiction that adversely affect the lives of children. The purpose of this research was to find out the role of traditional games in shaping the character of early childhood. The research methode was literature study. Data were collected by reading various journals and taking notes. Data were analyzed by using three interactive model, namely reducing data, displaying data, and drawing conclusions. Data validity used triangulation process. The results obtained that traditional games have a role in the formation of children's characters, namely honesty, discipline, hard work, creative, independent, communicative, responsibility and so forth.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus dikarenakan kecanduan permainan modern yang berdampak buruk pada kehidupan anak.Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui peran permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai jurnal dan mencatat. Analisis data menggunakan tiga analisis model interaktif yaitu dengan cara mereduksi data, mendisplay data, dan gambaran kesimpulan. Validitas data menggunakan trianggulasi data. Hasil analisis yang diperoleh adalah permainan tradisional memiliki peran dalam pembentukan karakter anak. Karakter yang dapat terbentuk antara lain jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, tanggung jawab dan lain sebagainya.
Kata kunci: permainan tradisional, karakter, anak usia dini
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20861
Full Text:
PDFReferences
Aprinawati, Iis. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.
Asmawati, Luluk. (2015). Gaya Pengasuhan Orangtua untuk Pembentukan Karakter Melalui Penerapan Permainan Tradisional pada Anak Usia Dini, 4 – 5 Tahun. ATIKAN, 5(1).
Beverley, B. 1993. Children’s Science, Constructivism and Learning in Science (Second Edition). Victoria: Deakin University Press.
Fadli, Z. (2015). Membentuk Karakter Anak dengan Olahraga Tradisional. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14 (2), 49-56.
Iswinarti. (2018). Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: UMM Press.
Miller, S. (1993). Children’s Alternative Frameworks: Should be Directly Addresses in Science Instruction? Jurnal of Research in Science Teahing, 30 (3): 233-248.
Nadjamuddin, Asriyati. (2016). Membangun Karakter Anak Lewat Permainan Tradisional Daerah Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 74-79.
Noffia, Irma. (2015). Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini, 5(2).
Nur, Haerani. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Nurhayati, Iis. (2012). Peran Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya). Empowerment; Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 39-48.
Nuryasana, E., dan Ratna Indarti. (2017). Pengembangan Permainan Tradisional “Bentengan” sebagai Impementasi Pendidikan Karakter di MI Unggulan As’Saadah – Surabaya. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA.
Pebriana, Putri Hana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Putrantana, Angga Bramansta. (2017). Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional pada Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 235 – 241.
Saukah, A. & Waseno, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
Sudrajat, Taat Wulandari, dan Agustina Tri Wijayanti. (2015). Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional di Paud Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO, 2(1).
Zafirah, Afifah, Fardatil Aini Agusti, Engkizar, Fuady Anwar, A Fajri Alvi, dan Ernawati. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter terhadap Peserta Didik Melalui Permainan Congkak sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.