Pembelajaran Berbantuan ICT dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak

Darrin Widaad Mufiidah, Een Y. Haenilah, Ari Sofia

Abstract


The problem of this study was early reading skill of children aged 5-6 years old that is less developed. This study aimed to determine the correlation of ICT assisted learning on children’s early reading skill. ICT assisted learning is a learning activities by utilizing ICT devices as learning aids. Sampling method in this study used purposive sampling technique to choose kindergarten school which has ICT and 30 children of Goemerlang Kindergarten were selected as research samples.  This study used correlational method and the research data were obtained by observation and documentation. The results showed that average result of children was in medium category on ICT assisted learning and could did an early reading. The analysis data used product moment correlational test. The result of this study showed that there is positive significant correlation of ICT assisted learning on children’s early reading skill.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun yang kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran berbantuan ICT dengan kemampuan membaca permulaan anak. Pembelajaran berbantuan ICT adalah suatu kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat ICT sebagai alat bantu pembelajaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih TK yang memiliki perangkat ICT dan diperoleh 30 anak TK Goemerlang sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata anak berkategori sedang pada pembelajaran berbantuan ICT dan mampu membaca permulaan. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan positif antara pembelajaran berbantuan ICT dengan kemampuan membaca permulaan anak.

Kata kunci:  anak usia 5-6 tahun, ICT, kemampuan membaca permulaan


References


Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak: Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Grasindo.

Nursamsu, dan Kusnafizal, T. 2017. Pemanfaatan Media ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI). Volume 1 No. 2. Tersedia: (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/9691). Diakses pada 25 April 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Robert. 1996. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language. Online. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=2985978Val=5993&Title=PENDEKATAN%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20WHOLE%20LANGUAGE. Diakses pada tanggal 17 Februari 2018.

Rusman, Kurniawan, D., dan Riyana, C. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Grafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Vladimíra. 2014. Using ICT in Education of Preschool Children. Journal of Technology and Information Education. Volume 6 No. 1. Tersedia: (https://jtie.upol.cz/ pdfs/jti/2014/01/01.pdf). Diakses pada 25 April 2018.

Wardani, P., Sasmiati, dan Fatmawati, N. 2018. Pengaruh Aktvitas pada Penggunaan Media Audio Visual dalam Menstimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 4 No. 1. Tersedia: (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/15148/11044). Diakses pada 22 April 2019.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wulandari, N. 2013. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Kelompok A TK Sandhy Putra Sukarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Volume 2 No. 4. Tersedia: (http://jurnal.fkip.un-s.ac.id/index.php/paud/article/view/6857). Diakses pada 22 April 2019.

Zakiyyatin, I.S. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Menggunakan Alat Bantu Komputer Multimedia dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2010/2011. Tersedia: (http://repository.iainpurwokerto.ac.id/675). Diakses pada 3 April 2019.

Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats