Pengaruh Aktivitas Permainan Spider Web terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
The issue of this research is gross motor development of 5-6 years old kids at TK Bela Bangsa Mandiri is not as what was expected. The aims of the study are to find out the difference of gross motor development before and after doing Spider Web game and to find out the effect of Spider Web game to 5-6 years old kids at TK Bela Bangsa Mandiri. This is quantitative research with experimental method and Treatment by Subject design. Sampling technique in this research is purposive sampling with 30 of 5-6 years old kids. The data were collected during observation. The data were analyze by using paired t-test and simple linear regression test. The result of the study shows there are increasement and effect of Spider Web game activity to gross motor development among 5-6 years old kids at TK Bela Bangsa Mandiri.
Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Bela Bangsa Mandiri belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan motorik kasar sebelum dan sesudah diberikan aktivitas permainan Spider Web dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aktivitas permainan Spider Web terhadap anak usia 5-6 tahun di TK Bela Bangsa Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dan desain penelitian adalah Treatment by Subject. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t berpasangan dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan serta pengaruh penggunaan aktivitas permainan Spider Web terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Bela Bangsa Mandiri.
Kata Kunci : kelincahan, koordinasi, permainan spider web, motorik kasar
References
Febrialismanto. 2017. Gambaran Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Vol.5,No.2.http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/884. (Diakses pada tanggal 8 April 2018).
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
-------. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan. Jakarta: Erlangga
Iswaningtyas, Venti & Patihapsari. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Vol. 1, No. 3. https://scholar.google.co.id/citationsuser=AWivQQAAAAJ&hl=id. (Diakses pada tanggal 9 April 2018).
Karmila, Mila. 2017. Upaya Guru Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan TradisionalPada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Kelompok Bermain Geger Sunten. Vol. 6, No. 1. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/372 (Diakses pada tanggal 6 April 2018).
Malina, R. & Bouchard, C. 1991.Growth, Maturation, and Physical Activty. Human Kinetics Book: Illinois.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. PAIKEM: Yogyakarta.
Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. EGC: Jakarta.
Tedjasaputra, Meyke S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Grasindo: Jakarta.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat: Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.