Kreativitas Guru dan Kompetensi Pedagogik di PAUD Kecamatan Penengahan
Abstract
This research aimed to determine the relationship between teachers’s creativity and pedagogical competence in PAUD Penengahan districts South Lampung. The research method was associative quantitative research with correlation data analysis. The research subject were 30 teachers in PAUD Penengahan Districts South Lampung. The sampling technique was purposive sampling. Data were collected by using documentation and questionnaire, and data was analyzed by using product moment correlation. The result show that there was a positive but less close relationship between teacher creativity and teachers pedagogic competence in penengahan districts south lampung.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapat guru yang belum memiliki kompetensi pedagogik, ditandai dengan sikap yang tidak sesuai peraturan yang ditetapkan, masih banyak guru yang tidak memiliki pandangan keseluruhan mengenai teori, praktek dan pendekatan secara terus, dan tidak memiliki pendekatan yang reflektif dan krisis dalam meningkatkan target dan hasil yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dengan kompetensi pedagogik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif, dengan analisis data korelasi. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 guru di PAUD Kecamatan Penengahan Lampung Selatan, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif namun kurang erat antara kreatifitas guru dengan kompetensi pedagogik pada guru Kecamatan Penengahan Lampung Selatan.
Kata Kunci: kreativitas guru, kompetensi pedagogik, kompetensi guru, guru anak usia dini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cropley, A.J. 1997. Indexing Creativity Fostering Teacher Behaviour: Replication and Modification. Higher Education of Social Science. 9(3), 1-10. Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED563261.pdf. Diakses: pada 06 Oktober 2018. 10.01 wib.
Fakhriyani. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4 (2), 2337-9820. Tersedia: jurnal.uim.ac.id/index.php/fkip/article/download/216/170. Diakses: pada 18 Maret 2018. 15:02 wib.
Haenilah, Een Yayah. 2017. Kompetensi Pedagogik Melejitkan Profesionalisme Guru. Bandar Lampung: Pustaka Media.
Munandar, Utami. 2009. Pengembagan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 137 tentang Standar Pendidikan Nasional Pasal 25 Ayat 2. 2014. Jakarta: Depdiknas.
Sadulloh, Uyoh. 2010. Pedagogik. Bandung: Alfabeta.
Sampurna Jaya, Thoha. 2017. Metodologi Penelitian Sosialdan Humaniora. Bandar Lampung: AURA.
Siregar. S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Young lee, Choe dan Sik kim. 2016. The Structural Relationships among Teacher Creativity, Teaching Expertise and Creative Teaching Behaviors of Pre-Service Elementary Teachers in Korea. International Journal of Software Engineering and Its Applications.10(11), 293-302. Tersedia: (http://www.sersc.org/journals/IJSEIA/vol10_no11_2016/24.pdf). Diakses pada 5 Oktober 2018. 13:00 wib.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.