Pemahaman Guru PAUD Terhadap Penilaian Autentik di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung
Abstract
The problem in this study is that all PAUD teachers do not have the same understanding of authentic assessment. This study aims to describe PAUD teacher's understanding of authentic assessment. This research is a type of quantitative research with a descriptive approach. The subjects of this study were 96 PAUD teachers in Rajabasa sub-district who were taken purposively. Data collection was carried out using test and documentation techniques, while the data were analyzed by descriptive percentage. The results showed that the PAUD teacher's understanding of authentic assessment was still relatively low, both an understanding of the concept of authentic assessment, an authentic form of evaluation and an authentic assessment process.
Masalah pada penelitian ini adalah semua guru PAUD belum memiliki pemahaman yang sama terhadap penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru PAUD terhadap penilaian autentik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru-guru PAUD di kecamatan Rajabasa sebanyak 96 orang yang diambil secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru PAUD terhadap penilaian authentik masih tergolong rendah, baik pemahaman terhadap konsep penilaian authentik, bentuk penilaian authentik maupun terhadap proses penilaian autentik.
Kata Kunci: PAUD, Penilaian Autentik, Pemahaman Guru PAUD
Full Text:
XML (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Peneltian. Rineka Cipta. Jakarta.
Haenilah. E. Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Media Akademi. Yogyakarta.
Jannah, Siti. Marati. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013.(Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Diakses dari eprints.uny.ac.id/52736/1/Siti%20Mar%27ati%20Roikha%20Jannah.pdf. pada 7 Desember 2017 Pukul 20.52 WIB
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Mahmudah. 2016. Analisis Penilaian Autentik Menurut Pembelajaran Kurikulum 2013. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ghanesa.Volume 3 No.1.[journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/download/2967/1906]. (Diakses pada tanggal 27 Maret 2018).
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Munawati, Susi. 2016. Pelaksanaan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri Pujokusuma 1 Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Diakses dari www.ejurnal.com/2017/06/pelaksanaan-penilaian-autentik-di.html pada Pukul 09.11 WIB
Mariyana, R. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Prenada Media Group. Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Depdiknas. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Depdiknas. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar. Depdiknas. Jakarta.
Santrock, J. W. 2007. Adolescence. McGraw-Hill. Boston
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Depdiknas.Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Depdiknas. Jakarta.
Wahyudin, U. Dan Agustin, M. 2010. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. CV Falah Production. Bandung.
Zahro, Fatimah Ifat. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. E-Journal Pendidikan Anak. Volume 1 Nomor 1 [ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95/89&sa=U&ed]. (Diakses tanggal 30 Juni 2018)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.