Pengaruh Aktivitas Bermain Senam Fantasi Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung
Abstract
The research’s problem was the lack of rough motor physical development in children 5-6 years in TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung. The purpose of the research was to find out the increase and the influence of fantasy gymnastics on the rough motor physical development in children 5-6 years in TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung. The study was conducted using pre experiment design in which 20 children aged 5-6 years in TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung were the participant getting the treatments. The data was collected by observation and documentation technique, which was analysed using t-test and simple regression linear test. The result of the research showed that there was an increase and influence of playing fantasy gymnastics in the rough motor physical development in children 5-6 years in TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung.
Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi peningkatan serta pengaruh penggunaan aktivitas bermain senam fantasi terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design. Sampel penelitian ini berjumlah 20 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan serta pengaruh penggunaan aktivitas bermain senam fantasi terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 16 Bandar Lampung.
Kata kunci: senam fantasi, motorik kasar, uji t-test, uji regresi linear sederhana
References
Aini. F. Q. 2016. Pengaruh Senam Irama terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A. Tersedia di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi35oa8uYfaAhUHNo8KHbnvA7gQFggtMAE&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Farticle%2F19738%2F19%2Farticle.pdf&usg=AOvVaw0G7KeYsx9rIj6GOc7NtkQm . Jurnal PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016) Diakses pada 25 Maret 2016
Bardida. F. 2016. The effectiveness of a community-based fundamental motor skill intervention in children aged 3–8 years: Results of the “Multimove for Kids” project. Tersedia di https://doi.org/10.10.16/j.jsams.2016.07.005. Diakses pada 01 April 2018
Fadhillah. M. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Ar-ruz Media. Yogyakarta.
Fauziah. Z. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Fantasi Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Sidomulyo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulung Agung Tahun Pelajaran 2013-2015”. Pendidikan Guru PAUD. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tersedia di http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/13.1.01.11.0483P.pdf. Diakses pada 25 Maret 2018
Martini. 2012. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui senam fantasi di TK Al-Hikmah Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD Vol 1, No 03 (2012). Tersedia di http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=100804. Di akses pada 26 Mei 2018
Montolalu.2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Grup: Jakarta
Sari. F. M. 2016. Senam Fantasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Autis di SD Inklusi.Terseda di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi35oa8uYfaAhUHNo8KHbnvA7gQFggoMAA&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Farticle%2F21910%2F15%2Farticle.pdf&usg=AOvVaw36wkOl-YiB2IDBv5A7NzEJ Jurnal Pendidikan Khusus Vol 9, No 1 (2016)Diakses pada 25 Maret
Setyawati. W. Y. 2016. Kegiatan Senam Fantasi Mempengaruhi Perkembangan Motorik Kasar Anak di POS PAUD Paud Bina Pergiwati Kemlayan Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/42358/11/naskah%20publikasie.pdf. Diakses pada 25 Maret 2018
Sujiono. B. 2010. Metode Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Depdikas: Jakarta
Utami. N. 2014. Berbasis Soft Skill Melaui Pembelajaran Senam Fantasi pada Siswa Kelompok A RA Muslimat NU Sukosari Bandooyo Magelang. Tersedia di http://digilib.uinsuka.ac.id/. Diakses pada 25 Februari 2018
Wiyani. A. 2014. Psikologi Perkembangan AUD. Yogyakarta: Gava Media
Yuliansih. 2015.. Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/37663/1/NASKAH%20PUSBLIKASI.pdf . Diakses pada pada 26 Maret 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.