Penggunaan Media Alam Sekitar dan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini
Abstract
The problem of this research was the ability to think logically in early childhood in use object that had still low. This research aimed to determine the correlation between the use of vicinity media nature with logical thinking ability children group B. This research was a correlation quantitative research. Sample were 30 students. Sampling technique was used Purposive Sampling technique. Data were collected by observation and documentation. Data was analize by using test table analysis and Spearman Rank data correlation test. The results showed that there was a positive correlation between the use of vicinity media nature with ability of logical thinking children by 0.536.
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berfikir logis pada anak usia dini yang masih rendah dalam mengaplikasikan benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media alam sekitar dengan kemampuan berfikir logis anak Kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 30 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis tabel dan uji korelasi data Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara penggunaan media alam sekitar dengan kemampuan berfikir logis anak sebesar 0,536.
Kata kunci : anak usia dini, berfikir logis, media alam sekitar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Logis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Ilmiah Didakya. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/81530-ID-analisis-kemampuan-penalaran-logis-mahas.pdf diakses pada 6 Januari 2018
Andrianto, D. 2011. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar AUD. Jakarta: Depdiknas.
Anitah, S. 2008. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Fios, F. 2013. Pengantar filsafat: ilmu dan logika. Jakarta: Salemba Humanika
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Jiwaningrum, S. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Vol 1. Nomor 2. Tersedia di https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2691/2244. Diakses pada 7 Februari 2018.
Lanigan, J. 2014. Physical Activity for Young Children: A Quantitative Study of Child Care Providers Knowledge, Attitudes, and Health Promotion Practices, Vol. 42 Issue 1, p11 (Online). Tersedia di https://www.deepdyve.com/lp/springer-journals/physical-activity-for-young-children-a-quantitative-study-of-child-8c2y0emYhJ . Diakses pada 2 Februari 2018
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Oktari, V. M. 2017. Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1. Nomor 01. Tersedia di https://ejurnal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/1156 diakses pada 7 Februari 2018
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta
Piotrowski, J. T. 2015. Media and child development. Tersedia di https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92145-7 . Diakses pada 27 Januari 2018
Rachmawati, Y & Kurniati E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Retraningrum, W. 2016. Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Bermain Memancing. Vol 3. Nomor 2. Tersedia di https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/11284 . Diakses pada 7 Februari 2018
Rosdiana. 2015. Pengaruh Aktivitas Bermain Dengan Media Alam Terhadap Kemampuan Kognitif Mengklasifikasi Benda Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Amalia Tanjung Senang Bandar Lampung. Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/8869. Diakses pada 15 Januari 2017.
Siswono, T. Y. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sujiono & Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT Indeks.
Usdiana, D. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA. April 2009. Vol 13, Nomor 1. 1-14. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Widiastuti. 2013. Pemanfaatan Media Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Siswa Sd Negeri I Giritontro, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/24385/19/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf . Diakses pada 6 Januari 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.