Pengaruh Aktivitas Pada Penggunaan Media Audio Visual Dalam Menstimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini
Abstract
The problem in this research was linguistic intelligence of children aged 5-6 years old had not reached the expectation. This research aimed to determine the effect of audio visual media usage activity to linguistic intelligence of children. This research used experimental method with pre experimental design. The samples in this research were 41 children aged 5-6 years old. Data in this research were collected by observation, while the data analysis used a simple linear regression test. The result showed that there was significant effect of audio visual media usage activity to linguistic intelligence of children. This meant that using the audio visual media in a learning process of children could help to stimulate the linguistic intelligence of children. The teachers are expected to use audio visual media to stimulate linguistic intelligence of children.
Masalah dalam penelitian ini adalah kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dalam penggunaan media audio visual terhadap kecerdasan linguistik anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pre-eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 41 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, sedangkan analisisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas dalam penggunaan media audio visual terhadap kecerdasan linguistik anak usia dini. Hal ini berarti penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pada anak usia dini dapat membantu menstimulasi kecerdasan linguistik anak usia dini. Dengan demikian, guru diharapkan menggunakan media audio visual untuk menstimulasi kecerdasan linguistik anak.
Kata Kunci : anak usia dini, audio visual, kecerdasan linguistik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arif, Antonius. 2011. Ego State Therapy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Hanifah, Trisna. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik. Jurnal Early Childhood Education Papers. (Online). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia. Volume 3 Nomor 2 Tahun 2014. Diakses pada 25 Oktober 2017.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sefrina, Andin. 2013. Deteksi Minat, Bakat Anak. Media Pressindo. Jakarta
Khasanah, Riskul. 2015. Implementasi Kecerdasan Verbal-Linguistik Dalam Pembelajaran PAI Kelas V di SDN 02 Poncol Kota Pekalongan. (Skripsi). STAIN Pekalongan. Pekalongan.
Kushartanti, B.2009. Strategi Kesantunan Bahasa Pada Anak-Anak Usia Prasekolah: Mengungkapkan Keinginan. [online] volume, 2 Agustus. Tersedia di http://www.mlindonesia.org/ [diakses 30 Maret 2018]
Wulandari, Novi. 2013. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok A TK Sandhy Putra Sukarta Tahun Pelajaran 2013/2014. [Online].Volume2, No.4. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id. [Diakses 24 Oktober 2017].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.