Model Pembelajaran Sentra

Eka Fitriana, Riswanti Rini, Ari Sofia

Abstract


The purpose of this research was to describe the learning center model at TK IT Qurrota Ayun Bandar Lampung. The focus is about the preparation, implementation, evaluation and support and detention of the learning center model at TK IT Qurrota Ayun. The kind of this research is used descriptive qualitative. Data collection tool is the observation, interview and documentation. The research used Miles and Huberman models. Data validity used triangulation from resources and methods. Data resources is the principal and teacher at TK IT Qurrota Ayun Bandar Lampung. The research results show that from the preparation, implementation, evaluation in learning center model had suitable with Depdiknas. It ws saw in the prepare learning of teacher planned RPPH and play thing, implementation of learning reffered to 4 footing in the center.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra yang ada di TK IT Qurrota Ayun Bandar Lampung. Fokus dalam penelitian ini yaitu tentang persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pendukung serta penghambat model pembelajaran sentra yang ada di TK IT Qurrota Ayun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru di TK IT Qurrota Ayun Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran sentra sudah sesuai dengan Depdiknas. Terlihat dalam persiapan pembelajaran guru merencanakan RPPH yang didalamnya terdapat tema maupun pijakan sentra dan alat permainan. Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada 4 pijakan dalam sentra. Evaluasi pembelajaran menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan rating scale.

Kata Kunci : anak usia dini, model sentra


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Asmawati, L. 2014. Perencanaan pembelajaran PAUD. Rosda: Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Haenilah, E. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Lerkkanen, M. K. 2016. QuarterlyChild-centered versus teacher-directed teaching practices:Associations with the development of academic skills in the firstgrade at school. Tersedia di https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.12.023.

Manteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014

Martuti A. 2010. Mendirikan dan Mengelola Paud Manajemen Administrasi dan Strategi Pembelajaran. Kreasi Wacana: Jogyakarta

Muhsinin. 2017. Efektifitas Pembelajaran Sentra di Kecamatan Trowulan Mojokerto. Yogyakarta. Tersedia di http:jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/123. diakses pada tanggal 23 Oktober 2017

Munawaroh, D. 2015. Pelaksanaan Model Sentra dan Lingkaran Dalam Kegiatan Main Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Rumah Ibu Jongkok Sariharjo Ngangklik Sleman Yogyakarta.Yogyakarta. tersedia http://www.google.co.id//url?=t&source=web&rct=j&url=http//epriants.uny.ac.id/18819/1/TAS-Dewi diakses pada tanggal 05 Desember 2016

Nissa, A. D. 2013. Studi Deskriptif Pelaksanaan Kegiatan Model Sentra dan Lingkaran di Sentra Persiapan pada Kelompok Usia 4-5 Tahun di TK Al-Khalifa Desa Selorejo Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Universitas Negeri Surabaya. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id./index.php/paud.teratai/article/view/2903. diakses pada tanggal 20 September 2017.

Nurani, Y. S. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks. Jakarta

Slamet, L. 2012. Implementasi Metode Beyond Centers & Circle Times (BCCT) di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Rumah Ibu Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Yogyakarta. http://jurnal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/3089. diakses pada tanggal 15 Oktober 2017.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Windowati, R. 2006. Keunggulan Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tk It Tiara Chandra Jogokaryan Yogyakarta. (http:digilib.uin-suka.ac.id/86821). Diakses pada tanggal 05 Desemer 2016.

Zulkifli, N. I. 2016. The Assessment of Childrens Performance at Child Care Centre. tersedia di https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.220


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats