Pengembangan Kreativitas Anak

Fitriyani Fitriyani, Riswanti Rini, Ari Sofia

Abstract


This study aimed to describe the development of children's creativity in PAUD Alam Al Muttaqin, with focus of research: Planning; Learning Process; Evaluation of Learning. The method used in this research was qualitative approach with case study design. The data were collected by using through interview, observation, and documentation. The data sources consisted of school principal and teachers. The data analyted by using: data collection; data reduction; data presentation; drawing conclusions. Research Setting: the location of PAUD Alam Al Muttaqin. Results showed that: in planning process, the teachers developed creativity with supportive learning methods, like: direct practice, role playing, storytelling, finding learning method, and motor development, which has been adjusted with the RPPH (lesson plan for daily basis). In learning process, teachers developed creativity by creating games and by utilizing media aids or educational properties as well as creating a creativity development strategy. While in evaluation of learning, teachers developed questions and answers session.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kreativitas anak di PAUD Alam Al Muttaqin, dengan fokus penelitian : Perencanaan Pembelajaran; Proses Pembelajaran; Evaluasi Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah dan guru. Teknik analisa data: Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarik kesimpulan. Setting data: Lokasi di PAUD Alam Al Muttaqin. Hasil penelitian: Perencanaan pembelajran, guru mengembangkan kreativitas dengan menggunakan metode pembelajaran yang mendukung dalam pengembangan kreativitas seperti metode praktek langsung, metode bermain peran, metode mendongeng, metode belajar menemukan, dan metode pengembangan motorik, yang sudah disesuaikan dengan RPPH yang dibuat. Proses pembelajaran, guru mengembangkan kreativitas dengan membuat permainan dan menggunakan alat bantu media atau alat peraga serta membuat strategi pengembangan kreativitas. Evaluasi pembelajaran, guru mengembangkannya dengan tanya jawab.

Kata kunci: anak usia dini, guru, kreativitas.


References


Anggraini. 2016. Tentang Aktivitas Bereksplorasi dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK Citra Melati Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016.

Bayanova. L.2014. Compliance with Cultural rules of children Having Different Level of Creativity. Creativity Research Journal, (Online). Vol 146, 192-195. Tersedia di (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/3.0/)diakses pada tanggal 04 Desember 2017

Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beond Centers and Circle Time (BCCT). (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, J. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Gippenreiter, U. 2016. The Image of Happiness Among Children with Different Level of Creativity. Creativity Research Journal, (Online). Vol 233, 481-485. Tersedia dihttp://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ [diakses pada tanggal 04 Desember 2017]

Haenilah, E. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Halimah. 2009. Tentang Efektifitas Permainan Konstruktif dalam Meningkatkan Kreativitas Anak di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Al-Hikmah Joyosuko Malang.

Istiqomah. 2012. Tentang upaya peningkatan kreativitas anak melalui finger painting pada anak kelompok B di TK Mojodoyong 3 Kedawang Sragen tahun ajaran 2011/2012.

Luluk,A.2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosda.

Popescu. 2015. Familial Barriersin the Development of Creativity in Preschoolers.Creativity Research Journal, (Online). Vol 187, 601-606. Tersedia di http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/diakses pada tanggal 04 Desember 2017

Rochayah. 2011. Tentang Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin pada Siswa Kelompok B Semester Genap TK Masyitoh 02 Kawunganten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012.

Rosalina. 2008. Efektivitas Permainan Konstruktif Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suyadi.2010.PsikologiBelajarPAUD.Yogyakarta:PTBintangPustakaAbadi (BiPA).

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yanuarita, F. 2014. Rahasia Otak & Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Teranova Books.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats