Bermain Kartu Emosi dan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini

Leni Agustia Sari, Sasmiati Sasmiati, Een Yayah Haenilah

Abstract


The problem in this research was children low language skills in early childhood. This research aimed to determine the correlation between emotional cards play activity with children languange development skills. The research method was used quantitative research with correlation and eksplanatif design. The population were 30 students. Samples teqnique was total sampling with 30 student sample of early childhood. Data were collected by observation and documentation. The results of the study were analyzed by Spearman Rank test. The result showed that 66,7% has a positive corelation between emotional card play activity and children languange development. Therefore, playing emotional cards can be used as one of the play activities in early childhood, that can stimulate early childhood language skills.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan berbahasa pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain kartu emosi dengan pengembangan keterampilan berbahasa anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dan desain penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Sampel yang digunakan berjumlah 30 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan Korelasi Spearman Rank sebesar 66,7% menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara bermain kartu emosi dengan pengembangan keterampilan berbahasa anak usia dini. Oleh sebab itu bermain menggunakan kartu emosi dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan bermain dalam pembelajaran untuk menstimulasi keterampilan berbahasa anak usia dini.

Kata kunci : bermain kartu emosi, keterampilan berbahasa, anak usia dini.


References


Asmara D, P.L. 2014. Penerapan Metode Bercakap-Cakap Berbantuan Media Kotak Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 14-15. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3169. [diakses pada 16 November 2017].

Ayuningtyas, D. 2016. Hubungan Aktivitas Bermain Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar dengan Penguasaan Kosakkata Anak Usia 5-6 tahun di TK Mutiara Insani Langkapura Bandar Lampung. Universitas Lampung, 34(35). Tersedia di http://digilib.unila.ac.id/23330/. [diakses pada 17 November 2017].

Delfita, R. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir Di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang.Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 22-23. Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1700. [diakses pada 18 November 2017].

Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Depdiknas.

Gunawan, I. 2016. Pengantar Satatistika Inverensial. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Janet, S. O. 2012. Holding On To Childhood Language Memory. Journal of Psychology, University of California, Los Angeles (UCLA), Los Angeles, CA, USA. 3-4 https://doi.org/10.1016/S0010-0277(02)00175-0. [diakses pada 28 November 2017].

Kadek, P. 2014. Penerapan Metode Bermain Peran Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 6-7. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3237. [diakses pada 16 Novembe 2017].

Komang, A. D. 2015. Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 9-10. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/.../4276. [diakses pada 16 Novembe 2017].

Monalisa. 2012. Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Dongeng di Taman Kanak-Kanak Pembina Agama e-Journal Pesona PAUD, 1(1),5-6. Tersedia di http://www.e-jurnal.com/2015/06/peningkatan-perkembangan-bahasa-anak_2.html. [diakses pada 18 November 2017].

Nurjanah. 2014. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas Iima SD N 5. e-Jourrnal Kreatif Tadulako Online, 4 (8), 293-294. Tersedia di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3420. [diakses pada 20 November 2017].

Pedoman Pembelajaran Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. 2007. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146. 2014. Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Pupu, S. R. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Dan Penguasaan Kosakata. E-Jourrnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 4-5. Tersedia di http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/61. [diakses pada 21 November 2017].

Raban B, M Brown, E Care, F Rickards & OConnell, T 2011, Young Learners Learning and Literacy in the Early Years. AARE International Education Research Conference, 2(1), 7-8. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2016.10.001.

Safitri. 2012. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Awal Anak Usia Dini Melalui Media Cerita Bergambar Di RA Tarbiyatul Athfal.Jurnal (Online). http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/165. [diakses pada 17 November 2017].

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. 2008. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

____________________. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Susan, L. M. 2004. TeacherChild Conversation in the Preschool Classroom. Early Childhood Education, 31(4). https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.09.004.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tedjasaputra, M. S. 2008. Bermain, Mainan, Dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Yulinar, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Kartu Bergambar Taman Kanak Kanak Pasaman Barat. Jurnal (Online).Tersedia di http://jurnalmahasiswaunepa.ac.id/index.donwloadportalgaruda.org. [diakses pada 15 November 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats