Perkembangan Bahasa Ekspresif Melalui Permainan How Good Is Your Memory
Abstract
The problem in this study was based on the lack of expressive language in children aged 4-5 years. This study aims to determine the effect of how good is your memory game activity towardd the development of expressive language in children aged 4-5 years. This study applied pre- experimental method with One Pretest-Posttest Group design. The population and sample of this study consisted of 20 children aged 4-5 years. The sampling technique was done using purposive sampling.. The data analysis technique was carried out using simple linear regression analysis to see if there was an effect of how good is your memory game activity towards children expressive language development and also t-pierd simple t-test to determine the different on the development of children expressive language. The results of this study indicated that there was an influence of how good is your memory game activity towards expressive language development of children aged 4-5 years.
Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain how good is your memory terhadap perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 20 anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik analisis data menggunakan analisis uji regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh aktivitas bermain how good is your memory terhadap perkembangan bahasa ekspresif dan uji t pierd simple t-test untuk melihat perbedaan perkembangan bahasa ekspresif anak . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas bermain how good is your memory terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: permainan, how good is your memory, bahasa ekspresif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustini, E. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa.
e-Journal UNESA, 2(1).
[diakses pada 30 November 2017]
Delvita, R. 2016 . Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir . Jurnal Pesona PAUD, 1(1). [diakses pada 1 Desember 2017]
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Lestari, P. 2016. Pengembangan Berbahasa Pada Anak Usia 4-5 Yahun Melalu Metode Bermain Kartu Huruf. e-Journal, 2(2). [diakses pada 29 November 2017]
Musyaroh, S. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Kartu Bergambar . Jurnal PAUD Teratai, 2(1). [diakses pada 2 Desember 2017]
Putu, S.A . 2014. Meningkatkan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuam Media Kartu Gambar Untuk Meingkatkan Perkembangan Bahsa Anak. e-Journal UNESA. Vol.2(1). [diakses pada 29 November 2017]
Sriwati,Gede. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak. e-Journal UNESA, 2(1).
[diakses pada 29 November 2017]
Sujiono, Y.N 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.INDEKS
Triharso. A. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : ANDI
Wita, N.P. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snow Ball Throwing Berbantuan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. e-Journal, 2(1) [diakses pada 1 Desember 2017].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.